Diminta, Pemda Dogiyai Buka Pelayanan Udara Bagi Masyarakat Kapiraya

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

11 Bulan yang lalu
KABAR PAPUA

Tentang Penulis
Salah seorang intelektual Ogeiyee (wilayah Kapiraya dan sekitarnya), Lamek Pugiye. (Fhoto : PY/KM)

 

Timika, KABARMAPEGAA.COM - Kami meminta kepada Pemda Dogiyai agar membuka pelayanan Udara bagi masyarakat diwilayah terpensil seperti Distrik Kapiraya di Kampung Mogodagii,katanya.

Hal itu disampaikan Salah seorang intelektual asal Ogeiyee ( wilayah Kapiraya dan sekitarnya), Lamek Pugiye, saat pihaknya memberikan keterangan kepada wartawan KABARMAPEGAA.COM dikediamannya, Sabtu (10/12/2018) pukul 04:00 WIT, di Nawaripi, Timika-Papua.

"Pemerintah Kabupaten Dogiyai selama ini, saya lihat program perhubungan kabupaten dogiyai belum jelas. Karena selama ini daerah tepencil belum subsidi Pesawat kehususnya kapiraya kampung mogodagi selama ini."

Kata Pugiye, Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, S.IP, pernah membeli Dua Unit Helikopter dan satu Unit Pesawat untuk melayani masyarakat yang jauh dari Kota Dogiyai, Jelasnya.

"Pernah belikan dua unit Helikopter sama pesawat untuk melayani masyarakat yang terpencil."

Namun, dikatakan Lamek, transportasi Udara yang pernah disiapkan Pemda Dogiyai, hingga kini belum juga mendarat di Kapiraya.ungkap Lamek.

Untuk itu, Lamek meminta kepada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dogiyai, Yusak Tagi harus konsisten dalam tugasnya untuk melayani masyarakat terpencil di Kapiraya , tegasya.

"Pemerintah Kabupaten Dogiyai kehususnya Kepala Dinas perhubungan,Yusak Tagi buka subsidi pesawat bagi masyarakat kapiraya kampung mogodagii."

Sedangkan, kata Lamek Bandara udara di Kapiraya sudah ada dan siap digunakan.

Karena, Lamek Pugiye melihat selama ini masyarakatnya (Kapiraya) yang berangkat tujuan Kabupaten Paniai, Deiyai dan Dogiyai harus lewat Timika.

"Masyarakat Kapiraya semua mau ke Dogiyai, deiyai dan Paniai semua lewat timika. Jadi saya menyampaikan kepada pemerintah agar secepatnya membuka pelayanan bagi masyarakat."

Apa lagi, kata dia pada Bulan Januari Tahun besok masyarakat Kapiraya yang rayakan Natal di Deiyai dan Dogiyai akan ramai untuk pulang ke pedalaman (Kapiraya).

"Masyarakat Kapiraya yang Natal di Dogiyai dan deiyai akan pulang ke kampung bulan januari. Jadi, pulang antar pake pesawat ke kampung kapiraya tidak boleh lewat timika lagi."

Pewarta : Petrus Yatipai

#Pemerintahan

Baca Juga, Artikel Terkait