Diminta Perhatian Pemda Nabire

Cinque Terre
Alexander Gobai

2 Tahun yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)
Pertemuan Penghuni Asrama Paniai di Yogyakarta. (Ilustrasi/Doc KM)

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com – Badan pengurus ketiga asrama Kabupaten Nabire di Kota Jayapura Marten Pigai meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nabire agar memberikan perhatian  penuh kepada mahasiswa dan mahasiswinya yang mengenyam pendidikan di Kota Jayapura. Karena di tiga asrama Nabire milik Pemda, selama ini tidak ada perhatian. Baik perhatian dalam bentuk finansial, material, dukungan moril maupun kunjungan Pemda.

 

"Sekitar 200 lebih mahasiswa dan mahasiswi baik di dua asrama putra dan satu asrama putri di perumnas II yang tidak pernah di perhatikan Pemda,” kata Pigai Kepada kabarmapegaa.com di Abepura, Rabu (9/5).

 

Menurutnya, sejak tahun 2014 hingga saat ini perhatian pemda untuk asrama tidak pernah ada. Ucap saja, kegiatan-kegiatan bersama, seperti kegiatan natal gabungan, penerimaan mahasiswa dan penghuni baru di asrama dan kegiatan-kegiatan kebersamaan lainnya, misalnya Seminar, Sosialisasi dan kegiatan yang besar. Seharusunya, Pemda jelih melihat hal itu.

 

"Kami harap agar Pemda kembali melihat perkembagan dan kemajuan mahasiswa dan mahasiswi di asrama. Dan bisa melihat kebutuhan kami selama ini.  Dan melihat kendala apa saja yang kami alami," ujarnya.

 

Ia pertanyakan tanggung jawab Pemda selama ini. Diantaranya, tanggungjawab dalam hal dana pendidikan untuk mahasiswa yang dialokasikan bagi tiap kota studi tidak jelas peruntukkannya selama ini. Akibatnya kelalaian dan ulah pemda itu, pengembangan kapasitas mahasiswa di asrama sering terkendala.

 

Sementara itu ketua panitia penerimaan penghuni asrama di tiga asrama, Kristianus Pakuwai berharap, di momen kegiatan penerimaan dan perkenalan mahasiswa/I Nabire di Jayapura agar Pemda bisa mengikuti dan berpartisipasi dalam pengembangan potensi SDM Nabire.

 

"Panitia sudah terbentuk di asrama putri Nabire pada 2 Mei 2018. Kami butuh kehadiran dan perhatian Pemda Nabire. Sehingga, benar-benar Pemda menilai dan merasakan kehadiran mahasiwa/I Nabire di Jayapura penuh antosias,” ungkapnya.

 

Pewarta : Alexander Gobai

#Budaya

#Mahasiswa dan Pemuda

Baca Juga, Artikel Terkait