Dr. Thomas Wanggai : Engkau adalah Sang Lentera

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

5 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Dr. Thom Wanggai/KM

Oleh, Felix Magay*)

 

OPINI, KABARMAPEGAA.com – Pada 25 tahun yang lalu, engkau sudah pergi dari negeri pusaka tercinta, Papua. Hanya tersisa sepenggal cerita riwayatmu, dari berbagai sumber yang penulis pernah baca yaktu salah satunya di http://koltras-p.blogspot.com/2018/03/dr-thom-wainggai-dan-sejarah-perjuangan.html bahwa, Dr. Thom Wainggai, seorang tahanan hati nurani menjalani hukuman 20 tahun penjara, dibunuh di Cipinang Penjara, Indonesia, 12 Maret 1996 (Dr. Thom menjabat sebagai pemimpin dihormati dan tetap didedikasikan untuk ide kebebasan, kebebasan berekspresi, dan bebas dari bahaya.

 

Pada tahun 1988 Dr. Thom dan para pemimpin lainnya telah berhasil membangun momentum dan kekuatan dalam kampanye dengan meningkatnya partisipasi dan mobilisasi warga. Optimisme adalah tinggi dan kemudian, Dr Thom ditangkap dan dihukum dua puluh tahun di penjara militer di Waena, Jayapura untuk subversi sebagai akibat dari mengekspresikan keyakinan ideologis bahwa demokrasi sejati, yang dikelola oleh Melanesia, adalah satu-satunya solusi yang dapat diterima.[1]

 

Dia benar-benar sudah pergi dari negeri pusaka West Papua. Engkau lelaki yang pintar dan berani, berhati nurani sekaligus menjadi  doktor pertama Orang Asli Papua (OAP). Dr. Thomas Wanggai, engkau lelaki yang sosok di pandang sebagai sebuah  lentera dalam kegelapan, serta mampu membawa  bangsanya  ke sumurnya  sendiri.

 

Bahkan, engkau  tahu resikonya adalah nyawa, tapi  kekuatan serta motivasinya mengantar nasib bangsa tidak pernah padam. Perjuanganmu sudah kau akhiri dengan sesuatu hal yang tragis dan tindakan yang  sangat tidak manusiawi, hingga orang-orang kurang bertanggung jawab mengambil nyawan pada 12 Maret 1996.

 

Kini, kau sudah tiada, dan memang sudah pergi. Namun, jalan yang pernah kau mengantar bangsamu tidak akan penah hilang, sekalipun kau sudah tidak ada saat ini bersama bangsamu West Papua. Dan lentera  yang kau berikan akan terus memberi jalan hingga nasib bangsa Orang Asli Papua (OAP) menghampirinya.

 

Dengan lentera yang sudah kau berikan, nasib bangsa West Papua dapat kami pandang secara menyeluruh atau secara total, tanpa ada yang tak kelihatan, sehingga kami sisa-sisa peluru yang ada sekarang siap satukan tekad kami menuju kemerdekaan nasional bangsa Papua.

 

* Penulis adalah Mahasiswa Papua, Kuliah di Semarang

 

Sumber:

[1] Http://Koltras-P.Blogspot.Com/2018/03/Dr-Thom-Wainggai-Dan-Sejarah-Perjuangan.Html

 

Editor: Frans Pigai

Baca Juga, Artikel Terkait