Dunia Ibarat Permainan Negara Negara Besar

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Pemateri Pelatihan Jurnalistik saat paparkan materi dihadapan peserta Foto: MP/KM

 

OPINI-KABARMAPEGAA.COM-- Dunia adalah wadah besar yang di isi dengan segala tumbuhan bahkan benda -benda mati (Wadah Universal). Dunia di ciptakan oleh Allah dengan pemikiran-Nya sendiri sedangkan manusia di ciptakan dengan tangan Allah sendiri karena memang sejatinya manusia di rupakan sesuai gambar dan Ilustrasi Allah. Selain itu, karena manusia di ciptakan oleh Allah yang di beri akal dan pikiran secara langsung ketika manusia di lahirkan dari kandung ibunya.


 

Dengan pemikiran dan akal yang di miliki oleh manusia, manusia akan menciptakan suatu hal yang luar biasa. Hal yang di ciptakan oleh manusia dapat di kategorikan dalam dua klasifikasi yaitu yang bertujuan positif dan yang negatif. Yang positif yaitu hal-hal yang bisa memudahkan dan membantu manusia dalam menjalani hidupnya .


 

Salah satunya, seperti pesawat yang berhasil di terbangkan oleh Orville Wright dan Wilbur wright di kitty Hawk,Carolina utara pada tanggal 17 bulan Desember tahun 1903. meskipun sebelumnya ada banyak penemu yang berjuang tetapi orang yg berhasil dengan impiannya adalah Wright bersaudara. Dengan di ciptakan pesawat orang akan muda dalam memenuhi keperluan seperti kunjungi ke tempat yang di inginkan dan lain-lain.


 

Dan yang negatif adalah beberapa hal yang sedang di sebar luaskan oleh orang yang ada di dunia. contohnya : obat-obat terlarang yaitu yang bisa menimbulkan penyakit. seperti, secara kemungkinan Virus Corona yang sedang di sebar luaskan di setiap ujung-ujung bumi ini adalah salah satu virus yang di buat-buat oleh negara tertentu, karena persaingan negera-negara maju (Di kutip dari Ungkap km kaka Yunus Ekii Gobai/salah satu wartawan KM dalam dikusi Wartwan KM sebelum di lanjuti pelathian materi Jurnalistik) di Jemaat meuwo,Timika pada Juma't (06/03/2020)


 

Selain itu, Persaingan antara negara yang maju sangat ketaat pada saat ini. sebagai contoh negara As maju dalam hal teknologi aviasi, namun Negara rusia pun tak mau di kalakan dari As sehingga Rusia sendiri juga telah miliki dengan Manufaktur pesawat tempur dan ada banyak contoh yang penulis tidak harus tulis dalam artikel ini.


 

(RUSIA & AMERIKA SERIKAT) Kedua negara ini sedang menduduki nomor 1 dunia dalam berbagai sektor dengan kemajuannya, sehingga kedua negara ini di perlakukan dengan bebagai strategi dan cara yang muda di percaya oleh dunia baik itu sisi positif maupun sisi negatif semua sedang di permainkan oleh negara-negara tersebut bagai dunia adalah suatu permainan .


 

Selain kedua negara tersebut, ada beberapa negara yang juga sedang tidak ingin mengalah dari sisi kemajuannya. Salah satu negara Prancis yang merupakan di mana lokasi manufaktur atau pabrik pesawat terbesar dunia (Airbus).


 

Kita sebagai makhluk yang fana tidak harus remehkan karya dan ciptaan ALLAH (UGATAME) yang mana sedang kami nikmati bahkan kami sendiri adalah pelakunya. Untuk itu, kita mesti jaga dan tingkatkan kaidah leluhur yang berlaku sekalipun perkembangan dunia mengintimidasi dan mendesak kita untuk berpartisipasi dengan pandangan-pandangannya .


 

"Kasus-kasus yang terjadi di Indonesia, bagian timur Papua khususnya tidak pernah di publikasikan lewat media-media derajat Nasional bahkan internasional karena takut di nilai oleh pihak perserikatan bangsa-bangsa (PBB). Maka untuk menulis dan mengangkat bahan pembicara dengan kasus itu butuh penulis berita, opini, cerpen dan puisi OAP yang profesional " kata Yunus Ekii Gobai dalam pemberian materi Jurnalistik di Timika Jumat (06/02/2020) . Hal ini di masukan dalam artikel karena memang ada konektifitasnya dengan topik tertera.


 

Dengan demikian, dunia sedang di mainkan oleh para petinggi negara -negara besar karena tahu berbagai elemen pengetahuan sehingga hal ini kita mesti jadikan sebagai bahan motivasi untuk mepersiapkan diri yang lebih matang untuk melawan ketidak adilan yang selalu di ikuti dalam kehidupan kita di Indonesia dan papua khususnya karena ALLAH beri tanah papua untuk kita (Orang asli papua) !
 

Penulis adalahsa Emanuel Muyapa siswa SMK Timika/CR4/KM

 

 

Baca Juga, Artikel Terkait