Duta Besar Uni Eropa Ajak Perkuat Peradilan SDA

Cinque Terre
Alexander Gobai

8 Bulan yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com – Duta Besar Uni Eropa Untuk Indonesia dan Brunei Darusalam, Vince Guerend mengajak Pemerintah daerah Propinsi Papua memperkuat peradilan dan proses hukum untuk melindungi Sumber Daya Alam (SDA). Karena, SDA, terutama air merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam keberlangsungan hidup manusia.

 

”Uni eropa memiliki kerangka kerja yang kuat  di bidang sumber daya air, seperti halnya perlindungan alam, karena  begitu besar manfaat daya air dalam keberlangsungan hidup manusia dan alam sekitarnya. Sehingga,  aturan dan penegakan hukum dalam  pengelolaan SDA yang berkelanjutan benar-benar mendapat tempat,” kata Vince kepada wartawan di Jayapura, (23/3).

 

Menurutnya prinsip utama kebijakan Uni Eropa terkait sumber daya Air dan lingkungan hidup yang didanai oleh Uni Eropa adalah realisasi kerja sama  uni Eropa Indonesia dalam upaya  memulihkan kembali kerusakan  dan  Kerugian  lingkungan melalui gugatan perdata di pengadilan.

 

“Demi mewujudkan itu, kami telah melakukan Pelatihan di Jayapura yang berlangsung dari tanggal 19-23 Maret yang berfokus pada penanganan gugatan perdata untuk memperbaiki  kerusakan lingkungan dan mengganti kerugian finansial,” katanya.

 

Menurutnya tujuan penegakan peradilan lingkungan hidup ini supaya para pencemar lingkungan hidup bisa membayar kompensasi yang sepadan atas kerusakan  besar SDA, terutama hutan dan sumber daya air di Papua.

 

“Papua dan Papua Barat memiliki  sekitar sepertiga dari seluruh hutan tropis di Indonesia.  Deforestasi di kedua provinsi ini menimbulkan dampak buruk yang besar dalam mempertahankan Sumber daya Air  dan terhadap mata pencaharian masyarakat Papua,” ujarnya

 

Pembangunan yang berkelanjutan, kata Vince mesti ditata sungguh-sungguh dan menjadi sebuah komitmen yang diikuti dengan penegakan hukum.

 

“Tentu ada upaya pembangunan yang berkelanjutan, maka, pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu menjaga lingkungan agar lingkungan tetap terjaga dengan aman,” katanya.

 

Konsep pembangunan berkelanjutan mesti mencari pola keseimbangan antara Pembangunan dan pelestarian alam agar tidak terjadi permasalahan antara masyarakat dan pemerintah. 

 

Pewarat    : Alexander Gobai

 

#Budaya

Baca Juga, Artikel Terkait