EMAS DEGEUWO: Kekayaan Orang Miskin Ramai Pihak lain Demi Perut Mereka

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

22 Hari yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Dok Pribadi Jhon Kobepa/KM

 

Oleh Jhon Kobepa

“Pendapat Sekjen lpma Swamemo ajak semua orang yang ada di Degeuwo yang beraktivitas  dikosongkan” Mengapa?

Kita sudah memasuki pada tahun 2019 persoalan penambangan emas ilegal belum ada yang di atasi dengan baik. Kami masih ada bersama rakyat suku Mee suku Walani dan suku Moni sebgaia tetangga suku kita di Degeuwo selain itu di Degeuwo belum ada tambah suku selain suku Ause sebagai pemilik dusun juga di wilayah penambangan emas  di Degeuwo.

 Dari tahun ke tahun mulai dari tahun 2012 hingga sampai sekarang masih beluma ada solusi untuk penyelesaian persoalan Degeuwo kami anak putra daerah masih eksis menolak usaha bentuk apapun yang terjadi di sepanjang sungai Degeuwo

Semua suku baik dari Papua maupun luar Papua yang datang Degeuwo tujuan mencari kekayaan dan menghancurkan seluruh sendi sendi kehidupan manusia 3 suku dan semua mata alam di Degeuwo. Itu dari suku papua orang papua tidak layak bicara soal Degeuwo karena suku yang datang itu suku sebagai tamu yang datang untuk kepentingan perut saja.

 Saya selaku sekjen lpma Swamemo putra asli orang Degeuwo minta siapapun yang ada di lokasi semua status orang ilegal harus kosongkan dan kembali pada daerahmu sendiri karena saya menilai sangat merugikan bagi rakyat saya dan alam di Degeuwo.

Saya telah mengikuti berita salah satu anak mudah putra terbaik John Timepa itu sangat tepat karena selama ini kami sudah pelajari semua tindakan tindakan buruk yang di terapkan oleh oknum oknum pengusaha ilegal Degeuwo sangat merugikan rakyat 3 suku di Degeuwo cukup tinggi penderktaanya.

Terkait dengan berita tambang Degeuwo Jhon R .Gobai orang asli Papua harus bangkit dari potensi sumber daya alam Papua, Jayapura tanggal 26 April 2019 yang membicarakan dua poit itu tentang, wilayah pertambangan rakyat dan (WPR) kemudian wilayah ini harus kembalikan masyarakat adat Degeuwo. Hal yang mencari popularitas belaka waktu pak Jhon jadi ketua dewan adat Paniai belum bicarakan poit itu dan setelah orang ilegal sudah menduduki di Degeuwo bisa bicarakan dan kalau mereka mau jadi WRP orang ilegal pengusaha Degeuwo yang tidak benar harus kosongkan terlebih Dahulu ujar John Kobepa selaku sekjen ,Lpma Swamemo.

Kami rakyat tidak terima karena Jhon R Gobai bisa melindungi orang orang ilegal Degeuwo karena disana bos bos pengusaha itu bukan orang asli namun, suku yang datang dari luar jadi bos bos besar dari hasil kekayaan rakyat Degeuwo.

Orang lain suku lain bicara di media karena sulit keluar dari lokasi Degeuwo marasa sudah puas dengan hasil kekayaan emas di baik itu orang pendatang atau orang asli Papua tapi luar dari 3 suku mereka datang bukan membangun kerja sama tapi Me guasai lahan lahan di Degeuwo menghancurkan alam dan rakyat disana, selama ini pengusaha back up juga oleh oknum oknum keamanan demi KEPW demi perut saja, sisi hak dan keselamatan serta kesejahteraan di abaikan.

Semua orang hati dan lidah baik di media namun dalam hati semua ada dalam kepentingan kotor ada dalam Degeuwo jadi tempat orang cari makan dan mudah mudahan akan terjadi konflik besar demi kepentingan makan dan minum atau perut kami tetap membelah demi keselamatan manusia dan lingkungan anak cucu kedepan ujar John Kobepa sekjen lpma Swamemo.

Penulis adalah Sekjen lpma Swamemo

Baca Juga, Artikel Terkait