Fawawi Club Bantu Empat Asrama Papua di Yogyakarta

Cinque Terre
Aprila Wayar

7 Bulan yang lalu
NASIONAL & DUNIA

Tentang Penulis
Freelance Journalist
Fawawi Club Saat Menyerahkan Bantuan Bama di Asrama Mahasiswa Kabupaten Yapen. (Kabarmapegaa/Aprila)

 

Yogyakarta, KABARMAPEGAA.comKomunitas sastra Fawawi Club kembali menyalurkan bantuan bahan makanan bagi mahasiswa Papua yang mengalami kekurangan bahan makanan di Yogyakarta pada Minggu (19/04/2020). Bantuan ini merupakan bantuan tahap tiga.

“Ini adalah bantuan tahap ketiga yang kami salurkan kepada mahasiswa Papua di Yogyakarta,” kata Veronika Sawen, salah satu pendiri Fawawi Club kepada KABARMAPEGAA.com di Sendowo, Yogyakarta, Minggu (19/04/2020).

Lanjutnya, bantuan tahap ketiga ini telah disalurkan ke empat asrama mahasiswa Papua di Yogyakarta yaitu Asrama mahasiswa kabupaten Waropen, Supiori, Yapen dan Kaimana.

“Semua asrama yang kami datangi, belum mendapat bantuan dari pemda masing-masing kabupaten,” ujar Sawen lagi.

Menurutnya, pihaknya belum dapat membantu beberapa asrama lain yang tersisa karena keterbatasan donasi yang masuk ke Posko Kemanusiaan Fawawi Club. Adapun bantuan yang diberikan berupa beras, mie instan, sarden dan telur. Selain itu, pihaknya juga akan mengirimkan bantuan ke Papua berupa masker, sarung tangan dan beberapa lainnya. Pembelian barang-barang yang akan dikirimkan ke Papua sedang berjalan sambil menanti donasi.

“Masker yang ada pada kami saat ini berjumlah 441 buah dari target 1000 yang akan kami kirim. Posko ini masih kami buka untuk jangka waktu yang belum dapat dipastikan mengingat pandemi ini masih belum dapat dipastikan kapan akan berakhir,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ferdinando Septy Yokit yang juga salah satu pendiri Fawawi Club mengapresiasi kerja rekan-rekannya di Fawawi Club atas kerja-kerja kemanusiaan ini. Baginya, ini adalah tanggung jawab moril yang diemban dalam membantu mahasiswa Papua.

“Kondisi Papua dalam penyebaran Covid-19 semakin memprihatinkan beberapa hari belakangan ini sehingga kami akan menghentikan sejenak bantuan bahan makanan kepada mahasiswa Papua di Yogya. Kami akan fokus dulu ke Papua,” ujar mahasiswa fakultas Hubungan Internasional, Universitas Respati Yogyakarta ini.

Yokit mengharap uluran tangan semua pihak yang tergerak melihat kondisi riel Papua hari ini. Ia mengaku, semua dana yang telah masuk hampir habis digunakan membeli masker dan lain-lain yang akan dikirim ke Papua serta membantu mahasiswa Papua di Yogyakarta.

Adapun bantuan untuk mahasiswa di Asrama Waropen diterima langsung Yunita Maniburi; untuk  mahasiswa di Asrama Supiori diterima oleh Olivia Kurni; untuk mahasiswa di Asrama Yapen diterima Benyamin Wanenda dan untuk mahasiswa di Asrama Kaimana diterima oleh Baron.

Fawawi Club adalah komunitas pecinta sastra di Yogyakarta yang terdiri dari pemuda/i Papua. Komunitas ini berdiri sejak Oktober 2019 lalu atas inisiatif beberapa orang yang ingin memiliki waktu diskusi yang intens tentang karya-karya sastra dan juga ruang berekpresi. (*)

#Mahasiswa dan Pemuda

#Pandemi Covid-19

Baca Juga, Artikel Terkait