Fawawi Club Galang Donasi Untuk Korban Covid-19 Papua

Cinque Terre
Aprila Wayar

1 Tahun yang lalu
KESEHATAN

Tentang Penulis
Freelance Journalist
Poster Galang Donasi Fawawi Club. (Foto: Fawawi Club)

 

Yogyakarta, KABARMAPEGAA.comKomunitas membaca sastra Papua di Yogyakarta, Fawawi Club mulai menggalang dana bagi pihak-pihak yang terdampak penyebaran Covid-19 di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Ya, berawal dari keprihatinan kita terhadap kondisi Papua, khususnya peralatan medis yang jauh dari standar kesehatan dalam menangani virus ini, kami berinisiatif menggalang donasi bagi pihak-pihak yang terdampak langsung penyebaran Covid-19,” kata dr. Veronika Sawen, salah satu pendiri Fawawi Club kepada KABARMAPEGAA.com melalui sambungan pribadi, Senin (30/3).

Lanjutnya, dengan status lockdown atau pembatasan akses transportasi bagi masyarakat saat ini, memang virus itu sudah ada di Papua dan Papua Barat. Hanya saja, laju perkembangannya dapat dikontrol selama Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pemantauan (PDP) maupun pasien positif yang sedang berada dalam ruang-ruang isolasi taat pada aturan medis.

“Apabila mereka taat, akan sangat membantu meminimalisir penyebaran virus itu sendiri. Artinya, kita dapat membantu paramedis yang sedang berjuang keras dalam misi kemanusiaannya,” katanya lagi.

Lanjutnya, dengan melihat kondisi inilah, dr. Veronika bersama Fawawi Club sangat ingin membantu dari kekurangan mereka. Setidaknya, di Yogyakarta pihaknya dapat mengusahakan berbagai kebutuhan ini walau juga situasinya sulit tetapi tentu tidak sesulit di Papua.

“Untuk uang, akan kami salurkan ke kelompok-kelompok marginal di bagian timur Indonesia lain, tidak hanya Papua. Sasarannya kelompok-kelompok yang kehilangan penghasilan karena wabah ini. Misalnya lansia, kelompok difabel, kelompok waria yang bekerja di salon kecantikan, pedagang kecil, mama-mama penjual di pasar-pasar tradisional, anak dan lain-lain,” tuturnya.

Pihaknya berharap uluran tangan siapa saja yang tergerak hati membantu seberapapun hasil penggalangan donasi nanti. Donasi dapat disalurkan melalui Nomor Rekening 154 0013413 34 Bank Mandiri, a.n. Penina Selfina Veronika Sawen, Bendahara Fawawi Club. (*)

#Papua Bisa

Baca Juga, Artikel Terkait