Frengki Syufi: Ipmanapandode Joglo yang selalu berpikir kreatif dan inovatif

Cinque Terre
Manfred Kudiai

7 Bulan yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Pemred Kabar Mapegaa (KM)
Berfose bersama Frengki Syufi, usai melangsungkan Pelatihan Pengolahan Limbah Rumah Tangga menjadi Pupuk Cair dan Pembuatan EM4, Sabtu (29/9/2018) di halaman asrama mahasiswa Dogiyai, Jogja. (Foto: Yance/Ist)

 

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.com--Frengki Syufi alummus Perguruan Tinggi Kotolik, Sanata Darma Yogyakarta, Sabtu (29/9/2018) mengatakan teman-teman Ipmanapandode Joglo yang selalu berpikir kreatif dan inovatif untuk menyelenggarakan kegiatan   Pelatihan Pengolahan Limbah Rumah Tangga menjadi Pupuk Cair dan Pembuatan EM4  yang dapat mengembangkan kemampuan dan ketrampilan kita untuk mengaplikasikan di Papua.

“Di Papua, kita punya semua-semuanya tinggal mari kita belajar dan berbagi pengalaman  bersama-sama dengan sesama generasi muda Papua yang lain untuk kembali mengordinir aorang tua kita yang ada tanah air sesuai dengan disiplin ilmu yang kita perloleh,” jelasnya kewada awak media  usai memberikan pelatihan pengolahan limbah rumah tangga menjadi pupuk cair dan pembuatan EM4,  bertembat halaman asrama mahasiswa kab Dogiyai, Yogyakarta.

Harapannya, ilmu yang kita telah belajar bersama ini baik pelatihan tadi maupun ilmu yang kita belajar di tanah rantau ini,  kita perlu mengaplikasikannya di tanah air agar ilmu yang kita dapatkan ini dapat berguna bagi masyarakat kita di Papua serta diri kita sendiri.

“Mari kita belajar bersama dan berbagi untuk kita kembali ke tanah air untuk sama-sama membangun Papua. Sepintar apapuan generasi muda Papua kalau hanya 1 orang dia tidak akan membngun Papua tetapi kalau ilmu yang dia punya dan bagi-bagikan kepada sesama generasi muda yang lain maka merka akan bersama-sama memecah persoalan menjadi solusi,” jelasnya tegas

Kata Frengki, saya mengucapkan limpah terimakasih kepada teman-teman Ipmanapandode Joglo yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan Pelatihan Pengolahan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Cair dan Pembuatan EM4.

saat pelatihan berlangsung. (Foto.doc.KM)

Dari tempat yang sama, Badan Pengurus Harian Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Dogiyai Yogyakarta-Solo (BPH-ipmado Joglo) Yance Yobe mengatakan saya mewakili anggota Ipmado Joglo sangat berterimakasih kepada pemandu pelatihan, Frengki Syufi yang mana telah bawa meteri dan pada hari ini langsung kami bisa praktek.

Lanjut Yance, Kegitan ini yang di fasilitasi oleh Ipmado Joglo diikuti oleh seluruh anggota Ipmanapandode Joglo.

Harapannya, kedepan semoga dengan pelatihan ini kami dapat mengimplementasikan kepada masyarakat Papua lebih khususnya masyarakat Meepago yang masi menggunakan Pupuk kimia. “Dengan hadirnya pelatihan seperti ini juga bagimana kami menangangkat perekoniam masyarakat dengan membuat mereka kerja manidiri dan berpikir mandiri,” jelas Yance

Sementara itu, Sekretaris  Ipmanapandode Joglo, Fransiskus Tigi menyampaikan banyak terimakasih pemantik materi, frengki Syufi; kepada seluruh anggota yang telah meluangkan waktunya untuk ikut pelatihan tersebut dan tak lupa juga kepada Ipmado Joglo yang telah memfasilitasi suksesnya pelatian ini.

“Semoga apa yang telah didapatkan dapat bermanfaat bagi diri pribadi dan dapat mengembangkannya secara praktek di tanah Papua,” jelasnya.

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

Baca Juga, Artikel Terkait