Gabungan Aparat Siap Siaga, Massa Aksi Ditahan

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

14 Hari yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
Ilutrasi Polisi Tangkap Massa Aksi.Ist

 

NABIRE, KABARMAPEGAA.com-- Senin (4/11) Mahasiswa Exodus asal Meepago kembali menggelar aksi damai di Nabire. Aksi ini menuntut kepada pemerintah  terkait surat Audiens dikeluarkan oleh Front Persatuan Mahasiswa dan Pelajar Exodus korban rasisme Wilayah Mee-Pago pada 12 Oktober 2019 lalu. Namun gabungan aparat yang ditugaskan di Nabire secara  paksa membubarkan massa aksi.

 

Aparat siap siaga di beberapa tempat, seperti: Pos Kehutanan pertigahaan Yayanti dan dan Wadio tepatnya di Pangkalan ojek terdapat satu kompi Polisi Brigada Mobil dengan mengenakan atribut lengkap. Selanjutnya, pos kedua di Pasar Karang Tumaritis, Polisi, sekitar dua kompi, Pos ketiga dekat Oyehe dan pos terakhir di Pantai Nabire.

 

Di Pantai Nabire lengkap dengan Mobil Bribob, sekitar tiga Unit dan Sabara. Aparat bersantai sepanjang Pantai Nabire, atribut lengkap.

 

Mereka (Aparat.Red) siap siaga setelah dan sebelum massa aksi turun jalan, hingga berita ini ditayang. Massa aksi melakukan demo damai  protes terhadap pemerintah yang tak indahkan  surat tersebut. Namun sebagian  massa aksi ditahan di Polres Nabire.

 

Menanggapi Hal itu John NR Gobay Legislator Papua Jalur Adat Mee-Pago mengungkapkan pada hari ini  kepada papualives.com, bahwa memang ada Aksi di Nabire dari Front Persatuan Mahasiswa dan Pelajar Exodus korban Rasisme Wilayah Mee-Pago Dengan Tuntutan Tolak Rasisme, Buka Ruang Demokrasi Seluas-luasnya.
 

Gobay juga meminta kepada Aparat segera bebaskan Mahasiswa dan segera membuka dialog. “Saya mohon kepada Bapa Kapolda Papua agar anak anak ini dibebaskan dan kepada Pemda di wilayah Meepago agar segera berdialog dengan mahasiswa ini jangan biarkan mereka terlalu lama.”katanya kepada awak media Papualives.com, (4/11/2019) siang tadi.

 

Satu hari sebelum aksi dilaksanakan, tepatnya pada tanggal 3 November kemarin, pihak kepolisian telah menolak surat pemberitahuan aksi demo damai dari pihak Mahasiswa ekxodus yang berada di Posko eksodus STT walterpos Meepago Kabupaten Nabire.

 

Alasan terkait penolakan aksi demo damai ini, sampai berita ini ditayang,  media belum mengetahui informasi yang pasti dari kepolisian setempat. Dan media belum mendapatkan nama-nama massa aksi yang ditahan.

 

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

#Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait