Habakuk Pigai: Jangan ada perpecahan hanya karena pemekaran

Cinque Terre
Manfred Kudiai

13 Hari yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Pemred Kabar Mapegaa (KM)
Habakuk Pigai saat memberikan bantuan dana kepada keempat paguyuban yang tergabung dalam Ipmanapandode Joglo serta memberikan bantuan dana Natal Bersama Ipmanapandode Joglo di Jogja. (Foto: Manfred/KM)

 

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.com- Ketua DPRD Pania, Habakuk Pigai mengatakan jangan ada perpecahan hanya karena adanya pemekaran. Hal tersebut disampaikan kepada pelajar dan mahasiswa Nabire Paniai, Dogiyai dan Deiyai saat dilangsungkan acara syukuran wisuda Yonas Pigai, A.Md, Senin (30/10/2018) Moro Seneng, Jalan Selokan Mataram No.28, Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Sebelum ada pemekaran,  Jogja dulu itu bersatu. Tidak boleh ada yang bilang ko dari Enaro, Paniai Barat, Paniai timur, Deiyai, Dogiyai, Nabire.  Tidak boleh sentimen dalam satu paguyuban. Pemekaran ini yang membuat kita terpecah, jadi kalian harus bersatu,” tuturnya didepan Pelajar dan Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nabire, Paniai, Dogiyai, Deiyai Yogyakarta-Solo (Ipmanapandode Joglo).

Dalam kesempatan tersebut  Habakuk Pigai yang juga sebagai alumni dari  salah satu perguruan tinggi  di Yogykarta ini menceritakan pengalamannya sewaktu menempuh pendidikan di kota Jogja.

“Mau cepat selesai kuliah dan tidak kembali kepada adik-adik. Saya harap adik-adik yang ada di sini harus bisa menimba ilmu sampai jenjang strata 1 atau 2  bahkan Propesor,” tegasnya sembari memberikan semangat kepada peserta yang hadir.

Habakuk Pigai yang juga sebagai Dewan Penasehat di Yayasan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat (YAPKEMA)  salah satu organisasi sosial berbentuk  LSM yang memfokuskan kegiatannya pada pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan serta isu – isu sosial ini juga meminta agar pelajar dan mahasiswa yang datang mengayam studi di Jawa untuk belajar lebih giat dan takut kepada Tuhan.

“Bersyukur kepada Tuhan. Belajar dan takut kepada Tuhan. Rejeki dari Nota kaya (Daun Ubi) yang mama jual di pasar  itu yang membiayai kalian. Jadi  gunakan baik. Jangan Berpoya-poya, apalagi keliling se-Jawa- Bali dengan uang hasil kerja jualan mama-mama,”  tegurnya tegas.

Untuk itu kata Pigai, jangan sia-siakan waktu, jaga kesehatan, nimbah ilmu sebanyak-banyaknya. Sebab orang tua senang seketika anda sudah bisa mempertanggungjawabkan ilmu yang telah ditekunui.

Pigai selaku senior dan alumni menasehati kepada mereka yang hadir. Kata Dia,  anggota Ipmanapandode Joglo untuk  kurangi aktivitas di malam hari dan. “Tidak boleh keluar malam, tidak boleh mabuk dan  tidak boleh pacaran.”

 “Adik-adik Perempuan yang datang ini, ikipanekane (saudara) sehingga saling menjaga agar semua bisa suskes dalam ilmu maupun skill,” ujarnya dipetik media ini saat mengadiri kegiatan.

Untuk itu Pigai minta agar tetap bersyukur kepada Tuhan dalam segala hal. Jaga kesehatan, menimbah ilmu sebanyak-banyak di sini kemudian datang ke Papau untuk mengaplikasikannya.

“Saya mengulangi lagi ya,  jangan ada perpecahan antara mahasiswa dari keempat kabupaten yang bersatu dalam wadah Ipmanapandode Joglo,” katanya.

 Akhir kata  lanjut Pigai, saya mau pesan bahwa  terima Tuhan dengan baik, kuliah sebaik mungkin karena pekerjaan akan mencari kalian. “Jangan andalkan ijazah, harus andalkan kwalitas, kwantitas, kapasitas dan kapablitas itu yang harus kalian bawa ke papua karena jaman ini jaman teknologi. Asah otak anda karena saat ini itu yang dibutuhkan di daerah kita, belajar dengan etika yang benar.”

Kemudian Pigai juga memberikan bantuan kepada Ipmanapandode Joglo, dalam hal ini kepada kepanitiaan Natal berupa dana sebanyak Rp 5 juta dan tiap-tiap paguyuban (Ipmanab Jogja, Ipmapan Jogja, Ipmado Joglo, Ipmade Joglo) dan Ipmanapandode Joglo mendapatkan Rp 1 juta.

Dari tempat yang sama, Wakil ketua Ipmanapandode Joglo mengucapkan banyak terimakasih kepada Habakuk Pigai, juga kepada seluaruh anggota yang datang menyukseskan acara syukuran bersama atas wisudanya Yonas Pigai, A.Md.

Sementara itu pantauan media ini, setiap ketua paguyuab, Panitia Natal dan BPH Ipmanapandode Joglo mengutrakan ucapakan terimaksih serta kesan dan pesan.

Pewarta: Manfred Kudiai

 

 

 

 

 

#Mahasiswa dan Pemuda

Baca Juga, Artikel Terkait