Harapan Penulis Buku Sejarah Gereja Kingmi di Agadide

Cinque Terre
Ancelmus Gobai

2 Bulan yang lalu
INFORMASI

Tentang Penulis
"Melayani dengan hati"
ilustrasi: buku sampul depan belakang dan penulis. A G/km

 

 

Yogyakarta, KABARMAPEGAA.com-- Mahasiwa asal Papua Yubal Awega Nawipa telah mencetak sebuah buku dengan judul “Pertumbuhan, Perkembangan dan Tantangan Gereja (KINGMI) 23 klasis di Agadide”. Di cetak PT  Penerbit Kanisius Yogyakarta sebagai buku catatan pertama tinta Dogaiye  (22/6 ).

 

Saya harap besar Kepada masyarakat luas dan khususnya masyarakat umat Tuhan 23 klasis Agadide mengerti akan sejarah gereja sejak tahun 1955 sampai saat ini.

 

Klasis Agadide biasanya tanggal 6 April setiap tahun sering membaca sejarah gereja yang telah susun dari  panitia tetapi berlaku hanya sehari sehingga saya mendokumentasi kembali dalam bentuk buku agar sejarah tetap hidup.

 

Dengan hadirnya buku ini umat Tuhan muda/mudi dan sekolah minggu berjuang diatas landasan sejarah itu.

 

Saya berharap kepada pemuda pemudi dan sekolah minggu yang sedang bertumbuh kembang ini tidak terjerumus kedalam dunia globalisasi yang merusak iman dan kepercayaan agama.

 

Dalam buku ini termuat ayat ayat alkitab inspiratif untuk mengubah anak anak zaman sekarang tidak harus terpengaruh dengan berita berita hoax dan artikel yang mengandung nilai nilai yang mengubah alur kepercayaan kearah tidak benar.

 

Saat ini bukan hanya perkembangan teknologi telekomunikasi dan trasformasi saja tetapi agama juga berjalan bersama dengan perkembangan sehingga harus was was dan harus memiliki nilai dasar “kasih.”

 

Untuk menguatkan itu perang pemimpin gereja dibutuhkan. Pemimpin gereja wajib melakukan katekisasi atau sosialisasi tingkat kepada remaja pemuda pemudi dan sekolah minggu.

 

Pemimpin gereja harus mendorong fasilitas sarana dan prasana serta potensi potensi yang dimiliki anak muda misalnya Sekolah Teologia Pertama di Kebo, Gakokebo dan Tio di Wamena. Bagaimana pemimpin melahirkan karena sekolah sekolah ini sudah banyak melahirkan benih benih yang merupakan perpanjangan tangan kepada gereja.

 

Pemimpin gereja adalah penyambung lidah dari Tuhan kepada umat Allah melalui  firman Allah sehingga wajib melaksanakan.

 

Pemimpin gereja juga harus melakukan relasi dengan diluar negri agar sekolah sekolah ini dapat bekerja sama dengan luar negri tidak hanya dulu tetapi sekarang juga harus reabilitasi relasi tersebut.

 

Ini adalah identitas penulis buku nama Yubal Awega nawipa lahir di Toyaimoti 6 November 1999 sebagai anak pertama dari delapan bersaudara dari ayah Marten Nawipa dan ibu Akulin Yogi.

 

Pada tahun 2011 tamat pendidikan Sekolah Dasar (SD) Negri Inpres Toyaimoti,  kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP)  N 1 Aradide lulus  tahun 2014 dan melanjutkan pendidikan atas  di SMA N 1 Paniai Nunudagi dan tahun 2017 melanjutkan pendidikan tinggi di kampus  STPMD “APMD” Yogyakarta  dengan jurusan  ilmu pemerintahan.

 

Buku ini menjadi sebuah catatan abadi di tengah kehidupan umat Tuhan di Agadide dengan dasar saya  “jangan menganggap rendah karena engkau muda, tapi jadilah teladan bagi semua orang (1 Timotius 4:12).”

 

Akhir kata saya berterima kasih kepada Tuhan, kedua orang tua, bapa bapa pendeta, penerbit buku PT Kanisius, senior serta anggota Ipmanapandode  Yogyakarta- Solo dan kawan kawan terbaik di kampus. kebaikan-Nya Tuhan akan membalas. Sayapun membutuhkan saran dan kritik yang membangun untuk melengkapi langkah selanjutnya.

 

Bagi yang minat buku ini bisa hubungi kontak/ Watsap penulis buku Yubal  A Nawipa: 0812-4048-6577. dan Papua tempat penjualannya akan dipusatkan kedua tempat yaitu di Kebo Manitaidagi dan Nabire Papua.

 

Pewarta: Anselmus Gobai/KM

 

 

#Mahasiswa dan Pemuda

Baca Juga, Artikel Terkait