Himbauan PRD KNPB Wilayah Timika Menjalan 1 Desember

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

6 Bulan yang lalu
POLITIK DAN PEMERINTAH

Tentang Penulis
HUT ke 59 sebagai hari kemerdekaan bangsa Papya 1 Desember 2020. (Foto: masyarakat Papua sedang aksi)

 

 

TIMIKA, KABARMAPEGA.COM--Lembaga Representatif Bangsa West Papua atau Parlemen Rakyat Daerah  (PRD) Mimika sebagai penanggungjawab politik bersama Komite  Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Mimika sebagai media rakyat bangsa west Papua mengimbau 1 desember sebagai hari kemerdekaan bangsa Papua ke 59 tahun. Senin (30/112020).

 

Abihud Degei, ketua Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Timika sebagai penanggungjawab politik menghimbau kepada semua pejuang papua merdeka di bumi Amungsa Timika Papua, masyarakat pendatang yang memiliki kasih, Rakyat papua yang sedang membantu panjajah sebagai pegawai negeri/PNS, Rakyat papua yang sedang  bekerja sebagai Karyawan PT. Freeport Indonesia, Nelayan suasta,

 

Lanjut, organisasi kemasyarakatan LEMASA, LEMASME, LEMASKO, LABEWA, LABETIME, 101 Organ Perjuang Sipil yang ada di Timika bahwa demi menghormati hari kemerdekaan bangsa west Papua tahun 1961 pada tanggal 1 desember 2020 yang Ke 59 tahun kita akan melakukan kegiatan:

 

Pertama, Merenungkan kisah bersejarah 1 desember 1961 yang mana rakyat pribumi Papua mendeklarasikan sebuah negara merdeka yang berdaulat penuh. Kedua,   Mengheningkan sejenak kepada semua pejuang yang telah gugur dalam medan perang sipil maupun TPNBP.

 

Lanjut, Ketiga, Berdoa dan berpuasa berlutut cucurkan air mata kepada Tuhan demi penderitaan yang sudah sedang dan yang akan kami rasakan, dihina, dibunuh, dirampas harta benda, diperkosa, dihilangkan nilai kemanusiaan diatas tanah Papua, jelas Abihud Degei, ketua Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Mimika kepada wartawan media kabarmapegaa.

 

Ketua 1 KNPB Timika Yanto Dabior Awerkion mengatakan, untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan bangsa papua 1 Desember 2020 rakyat Papua maupun non papua yang bekerja sebagai ASN, Karyawan/i, Petani, Nelayan segera meliburkan diri masing masing dirumah dan berdoa makan bersama, serta diskusi di setiap keluarga, tetangga terkait sejarah Panjang perjuangan kemerdekaan bangsa  Papua yang sudah mencapai 59 Tahun ini.

 

Yanto menegaskan, segera Intropeksi setiap masalah internal dan eksternal yang terjadi di setiap pejuang maupun elit elit politik pemerintahan yang selama ini menjadi pro dan kontra sehingga membuat rakyat menjadi korban.

 

segera mempersiapkan diri untuk menuju hak penentuan nasib sendiri melalui mekanisme dan hukum internasional yaitu referendum, katanya.

 

Yanto pesan rakyat papua dan non papua hindari isu isu yang beredar terkait hari HUT ke 59 tahun 1 desember 2020 disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, tutupnya.

 

Pewarta: Melsedik Yogi/KM

Editor: Admin/KM

 

#Politik

Baca Juga, Artikel Terkait