HUT KNPB Ke-12, KNPB Dogiyai Menuju MSN

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

7 Hari yang lalu
POLITIK DAN PEMERINTAH

Tentang Penulis
HUT KNPB Ke-12, KNPB Dogiyai Menuju MSN

 

 

MOANEMANI,  KABARMAPEGAA.COM--— Komite Nasional Papua Barat (KNPB) merayakan Hari Ulang Tahun ke-12 pada 19 November 2020 sejak berdiri pada 19 November 2008 Dogiyai..

 

Memperingati HUT KNPB ke-12, KNPB Dogiyai menyatakan tidak mundur, tidak lari, tidak kemana-mana dan ada bersama rakyat untuk melawan penjajah demi mewujudkan revolusi di west Papua. Kepada Kabarmapeega.com di Odedimi Mauwa, Kamis (19/11/2020).

 

Sejarah berdirinya KNPB Kita mengetahui bersama bahwa dulu sejak tahun 1961  disebut dengan nama Komite Nasional Papua (KNP).  Pada tahun 2008 hanya menambakan huruf B sehingga nama organisasinya Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

 

Asas prinsip organisasi Komite Nasional Papua Barat (KNPB) memperjuangkan kebenaran bangsa Papua Barat diatas negeri tanah Papua.

 

Perjuangan tanah Papua bukan ada di luar negeri tetapi perjuangan tanah Papua ada di dalam negeri sini. Perjuangan Papua bukan datang dari luar negeri sana, perjuangan kemerdekaan Bangsa Papua Barat  ada dalam negeri sini dan yang akan merdeka juga orang asli Papua sendiri. Kita ada dalam negeri revolusi, ditegaskan Mecky Yeimo Pengurus KNPB Pusat.

 

Ingat jangan menghayal perjuangan itu ada di luar negeri sana tetapi perjuangan itu ada dalam negeri sini, ada ditengah-tengah kita. Kita yang merdeka, kita nikmati, kitalah yang harus berjuang, kata Yeimo dalam sambutannya.

 

Lanjut dia, mengundang alam Dogiyai, alam tanah Papua, tulang belulang, leluhur bangsa Papua, pejuang-pejuang telah mendahului kita, pejuang yang ada dalam trali besi, pejuang ada di luar negeri, dengan alam Dogiyai juga menyaksikan baik itu berupa angin, pohon mereka juga sedang menyaksikan bersama- sama pada siang ini. Jangan berpikir kita sendiri rayakan ulang tahun Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang ke 12 tetapi mereka juga ada bersama- sama dengan kita. Alam Dogiyai sedang hidup sedang bersama- sama dengan kita. Itu terbukti bahwa alam sedang mendukung perjuangan bangsa Papua Barat.

 

Yeimo menegaskan, para pejuang -pejuang yang ada di tanah Dogiyai bahwa perjuangan ada di tangan kita. Mau merdeka dan tidak ada tangan kita. Kita bersatu, satu komando satu tujuan bangkit melawan penindasan yang terjadi diatas tanah Papua lebih khususnya di daerah Dogiyai.

 

Jangan melihat sisi pandangang jelek atau kerapian, rambut gimbal tetapi perjuangan itu ada di pundak kita. Saat ini kami berdiri diatas tanah kita, jangan ragu dan jangan bimbang, disini adalah tanah tumpah di negeri kita sendiri. Ingat bahwa kita berdiri, kita berjuang diatas tanah kita sendiri.

 

Para pejuang bangsa Papua Barat saya ingatkan bahwa jangan merasa bimbang, minder dan ragu. Ini adalah musuh yang dibangun dalam diri kita sendiri maka buanglah semua ini jauh dari kita semua.

 

Selain itu jangan menjual obat-obat terlarang baik itu narkoba, narkotika, alkohol. Perjuangan ada di depan mata kita, siapkan diri kita baik- baik menjemput perjuangan bangsa Papua Barat.

 

Kata dia, jaga energi, kesehatan baik- baik, kita melakukan Mogok Sipil Nasional (MSN) itu harus jaga stamina siap, kesehatan harus siap. Kita tidak jaga kesehatan kita maka MSN itu percuma.

 

HUT KNPB yang ke 12 mengingatkan kita melalui thema nasional ini " Bangkit Bersatu dan Lawan". Perjuangan terwujud ketika kita harus bangkit dan lawan. Jangan tidur nyenyak. Kalau kita tidur sama saja kita berikan peluang kepada kolonial yang menguasai diatas tanah Papua lebih khususnya di Dogiyai.

 

MSN siap, MSN Siap, MSN Siap, ya kita sendiri yang siap lawan memerdekakan sebuah bangsa diatas negeri kita.

 

Ada ruang dan tempat untuk membenci sesama kita. Orang Papua yang ikut barisan merah putih (BMP) itu hak dia dan kasih tinggal dia karena dia tidak tahu harkat dan martabat dirinya sendiri.

 

Perjuangan itu kembali kepada dirinya kita sendiri dan perjuangan itu panggilan hati nurani kita masing- masing, tidak bisa paksa dan memaksa oleh siapapun. Anak kecil itupun juga dia punya hak, kita tidak bisa batasi hak seseorang. Kami yang ada disini kami punya hak untuk  menentukan nasip bangsa Papua Barat.

 

Tidak ada orang yang datang membatasi hak diatas negeri ini. Perjuangan ini tidak boleh dipaksakan oleh orang untuk bergabung berjuang bangsa atau tidak. Perjuangan kembali hati nurani masing-masing untuk keterpanggilan setiap kita.

 

Saya hanya sampaikan bahwa jangan berpikir perjuangan itu datang dari luar negeri. Perjuangan itu ada dalam negeri sini, perjuangan itu ada dipundak kita sendiri sehingga jangan bermimpi bahwa PBB akan memerdekan bangsa Papua Barat. Orang-orang yang cerita tentang mitos-mitos itu berhenti, orang-orang yang berbicara perjuangan itu bukan kalian anak-anak kecil punya, kata-kata itu kita harus banta sebab mereka meremekan perjuangan bangsa Papua Barat. 

 

Perjuangan itu bukan mitos-mitos, kita berjuang realitas, kita berjuang fakta yang ada. Fakta hari ini mama - mama di Pasar berjualan di pinggir jalanan sedangkan orang pendatang dilengkapi dengan pasilitas layak.

 

Apakah kita minoritas diatas tanah kita ?, Memangnya kita pendatang di negeri kita. Saya sampaikan bahwa menguasai dan kuasai kembali kepada kita sendiri.

 

Salah satu perjuangan tanah Papua adalah konsisten. Jangan main waktu banyak, dimana kita duduk membangun diskusi membangun persatuan bangsa ini.

 

Saya kasitahu dan ingat perjuangan bangsa Papua Barat dari Sorong sampai Merauke ini siapa yang akan berjuang. Kita-kita yang hadir pada saat ini. Perjuangan ada di pundak kita maka kita solid dan konsisten perjuangan kita.

 

Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Dogiyai mengucapkan selamat merayakan ulang tahun yang ke 12. Umur KNPB yang ke 12 ini PRD merekomendasikan sektor-sektor sampai wilayah karena basis rakyat KNPB. Dimana KNPB hadir alam leluhur Dogiyai juga hadir bersama KNPB untuk perjuangan pembebasan bangsa Papua Barat.

 

Perjuangan kita tarukan, perjuangan kita berjuang diatas negeri ini itu berarti kita melakukan kehendak dari Allah. Tugas kami untuk membangun basis dari Distrik ke Kampung untuk mempersiapkan agenda tunggal kita yaitu mogok sipil nasional (MSN).

 

PRD jugaberterima kasih juga kepada kawan-kawan kita yang telah gugur dalam medan perjuangan sebanyak 32 orang dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Kawan-kawan kita korban untuk memperjuangkan harkat dan martabat kita. Sejarah tercacat mereka gugur berjuang memperjuangkan demi bangsa kita.

 

KNPB hadir untuk melawan penindasan dan penghisapan karena rakyat hadir untuk persiapan MSN. Hari ini kita dalam tahap persiapan maka basis masyarakat tetap kita jaga karena persatuan kita menantang penjajah.

 

Lanjut dia, penjajah dia datang untuk menindas dan merampas kekayaan alam yang bagus dan indah ini sehingga bangun kekuatan. Kekuatan  ada pada rakyat maka akan ada MSN besok untuk menentukan masa depan bangsa kita

 

Saugas Goo Ketua KNPB Wilayah Dogiyai mengatakan HUT yang ke 12 ini seharusnya sudah ada  sekertariat yang baru  akan tetapi dilarang oleh pihak aparat kolonial.

 

Ada beberapa kesepakatan-kesepakatan telah disepakati terutama hal keberadaan KNPB dan kegiatan HUT KNPB yang ke 12 ini.

 

Kata dia, aparat melarang kegiatan dilaksanakan di Sekertariat KNPB yang baru, sehingga kami laksanakan kegaitan HUT ke 12 dilaksanakan di bukit Odedimi.

 

Pihak kepolisian menang hanya satu soal sekertariat ini. Ada lima poin yang kita menang soal keberadaan KNPB di wilayah Dogiyai, ungkapnya.

 

Kita akan berjuang KNPB hadir di Dogiyai bukan untuk mencuri barang, minum minuman alkohol dan sebagainya. KNPB hadir sebagai media rakyat sipil untuk perjuangan bangsa Papua Barat.

 

Dia mengajak kepada rakyat Dogiyai bahwa kampung-kampung yang belum mempunyai sektor- sektor KNPB segera membentuk untuk mempersiapkan MSN dengan baik dan solid, tutupnya.

 

Pewarta: Geitogo M Gobai/KM

#Komite Nasional Papua Barat (KNPB)

Baca Juga, Artikel Terkait