HUT YAPAK : Pendiri Almarhum Kornelius Berpikir Baik Kami Ingin Merenovasi

Cinque Terre
Ancelmus Gobai

3 Tahun yang lalu
INFORMASI

Tentang Penulis
"Melayani dengan hati"
Anak anak Asrama Kanguru dan Yustus Muyapa (Foto: Anselmus Gobai/KM)

 

 

NABIRE, KABARMAPEGAA.COM— Hari ini 15 oktober 2018 adalah hari ulang tahun Asrama Yayasan Pantai Asuhan Kangguru (YAPAK) yang awalnya didirikan oleh Bapa Almarum Drs Kornelius Muyapa pada tangggal 15 oktober 1988. Untuk memperingati  itu, Yustus Muyapa mengajak diskusi tentang mengenal sejarah asrama dan pendidikan papua kedepan kepada anak anak asrama Kangguru. Rabu 15/18 Jln Jakarta Karang Mulia Nabire Papua.

 

Berdirirnya Yayasan Kangguru maka latar belakang adalah keinginan untuk menguba pendidikan Papua serta pola berpikir dan sikap  mental dari generasi  mudah Papua dan masyarakat tradisional menjadi masyarakat maju agar dapat hidup mandiri untuk meningkatkan pendidikan Papua.

 

Tujuan almarum Drs K. Muyapa untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat dari ekonomi sosial dan pendidikan dan mengaderkan generasi muda yang siap dipakai dimana mana.

 

Selain itu juga untuk membina generasi mudah dalam satu asrama agar mereka menjadi generasi tangguh dan mampu mengembangkan bakat dan minat agar menjadi manusia mandiri dan sejatrah.

 

Dulu keanggotaan wilayah kerjanya sebelum pemekaran kabupaten kabupaten wilayah kerjanya meliputi seluruh wilayah provinsi Papua terutama kab Nabire, Puncak Jaya dan Paniai.

 

Ucapan terima kasih kepada bapa Almarum Drs Kornelis Muyapa yang mana dulu berpikir untuk merancan Yayasan Kangguru ini agar supaya dulu anak anak Papua yang terlantar di sisi makanan dan minuman dan tempat tinggal yang kurang maksimal  agar mereka boleh tinggal dalam tempat yang layak. Kata Yustus Muyapa saat wawancara dengan media ini.

 

Saya  juga mengajak adik adik asrama Yayasan Kangguru untuk berdiskusi tentang sejarah berdirinya asrama.

 

Anak anak asrama yang tinggal mereka tanggung makan minum sendiri dan hal itu  saya tidak senang sehingga saya mohon pemerintah daerah dan provinsi Papua boleh melihat kondisi yang sangat di sayangkan ini, harap Yustus.

 

Diasrama ini juga telah terbukti menghasilkan banyak pemimpin pimimpin yang bijak  dan propesional di tanah Papua melalui asrama kangguru ini. jelasnya

 

Bapa Almarum Drs K Muyapa berpikir sangat baik maka harapan kami ingin renovasi kembali seperti awal sehingga pihak pihak intensi dan pemerintah daerah dan provinsi memohon agar dapat mendukung  dalam doa tenaga waktu dan dana demi mencetak generasi muda untuk sumber daya manusia Papua kedepan, Tutup Yustus.

 

Pewarta: Anselmus Gobai/KM

 

Baca Juga, Artikel Terkait