Ini Kronologis Penangkapan 50 Aktifis Knpb Timika

Cinque Terre
Andy Ogobai

1 Bulan yang lalu
INFORMASI

Tentang Penulis
Tinggalkan Jejak Dengan Tulisan...!
Hari Ham sedunia 50 aktivis di tangkap di Timika, Dok. KM

Timika, KABARMAPEGAA.COM-- Dihari Hak Asasi Manusia (HAM)  yang ke-70,  Tni-Polri Menangkap 50-an Aktifis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) saat melakukan aksi damai.

Aksi damai yang digelar oleh KNPB  untuk memperingati hari ham sedunia 10 desember 2018  diwarnai dengan Penangkapan 50 aktivis knpb wilayah Timika. aksi serupa juga di gelar beberapa Kota di Papua.

Baca ini : Besok Hari HAM Sedunia, KNPB Akan Gelar Aksi Damai

Ini Kronologis  singkat  aksi damai yang dilakukan oleh KNPB, pada  hari HAM sedunia, masa knpb mulai bergerak dari sekertariat mereka jalan Freeport lama menuju kator DPRD Timika.

Dari pantauan Kabarmapegaa.com, senin, (10/12), pada pukul 8:30 waktu setempat, masa aksi  mulai longmarch dari Jalan Freeport melewati Jalan Achmad Yani, sambil Orasi-orasi politik. masa sampai ditimika indah (TNI-Polri) dibubarkan paksa sebanyak  50 orang ditangka. penangkapan tersebut pada 08.35 menit waktu setempat.

Sekitar 50  Aktivis ditangkap Tim gabungan (TNI/polri) turun kekuatan penuh, 3 Mobil dalmas, 2 Mobil patroli 5 Mobil Avansa dan puluhan motor.

Korlap Mery Mote, dan Eman Dogopia,   negosiasi dengan pihak keamanan, namun tidak menginijinkan  aksi menuju Kantor DPRD Mimika dengan alasan kepolisian tidak mengeluarkan surat ijin untuk aksi,"  kata salah satu polisi yang bertugas. 

Dengan Alasan itu, maka  tim gabungan (TNI/polri) menghentikan   masa aksi KNPB, Mereka dihadang di bundaran Timika Indah, Mereka langsung arahkan lapangan bola Timika Indah.  

Polisi juga, sempat menyatakan, organisasi Knpb adalah ilegal, pengacau di papua, kenapa membawa bendera knpb dan motif bendera bintang fajar disini, kalau mau aksi biasa saja tidak usah membawah atribut itu " dengan nada yang keras.

Ini semua atribut aksi damai  yang disita oleh pihak keamanan versi KNPB sebagai berikut : 
1. Sipanduk 1 buah
2. Bandol bk 2 buah
3. Gelang bk 3 buah
4. Baju bk 2 buah
5. Hp Belum pastikan berapa Yang dapat sita
6. Baju dan celana loreng 
7. Bendara Knpb 1 buah

Saat Polisi Sita barang   semua masa aksi  duduk dan merayap di tanah lalu itimindasi, 2 orang dapat pukul, oleh pihak kepolisian. setelah  itu masa aksi naik di mobil dalmas dan Mobil patroli bawah di Kantor kapolres Timika.

 

Pewarta: Melkisedik Yogi/KM

#Politik

Baca Juga, Artikel Terkait