Jemaat Tingkat Klasis Agadide Sambut Tahun Baru menuju Seratus Tahun

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

18 Hari yang lalu
ROHANI

Tentang Penulis
Foto Istimewa. (Yulianus/KM)

 


PANIAI, KABARMAPEGAA.com---Dua ribu lebih jemaat  tingkat Klasis Agadide menyambut tahun baru 1 Januari  2021. Jemaat dalam jumlahnya yang banyak itu menyahut thema Sentral Sinode Kingmi  Tanah Papua.


"Mari Menyambut Raja Damai, Memperjuangkan PI Baru, Melahirkan Generasi Pembawa  Damai menuju Seratus Tahun 2062." Begitu thema sentral Sinode Kingmi Tanah Papua.


Ketua Panitia Natal tingkat Klasis Agadide Linus Muyapa SPd mengatakan untuk menyukseskan peryaan tersebut pihaknya telah  melakukan kegiatan perayaan natal di masing-masing Kelompok.


Dan setelah itu, kata Dia, perayaan natal dipusatkan bertempat Klasis Agadide.


"Mulai dari   pemupukan natal, Gerban Natal, perayaan Natal 25 Desember dan  penyambut Tahun baru 2021 dilaksanakan dengan tertib dan sukacita," katanya kepada media ini, saat diwawancara,  Sabtu,  (02/01).


Linus Muyapa juga menjelaskan cara yang digunakan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.  Pihaknya membagi pelayanan  perayaan  Natal 25 Desember 2020 dalam beberapa kelompok. 

Pertama,  Kelompok Daud

Perayaan Natal  25 Desember 2020  untuk  kelompok Daud  perayaan Natal dipusatkan  Bertempat Jemaat Betesda Debaiye  lalu  kotbah   utama  perayaan Natal dipimpin oleh Pendeta  Dainiel Tatogo .sebagai Ketua Klasis Agadide.

 Kedua, Kelompok Gedeon

Perayaan Natal 25 Desember 2020  untuk kelompok Gedeon  perayaan natal  dipusatkan Bertempat Jemaat  Sion I Kogopugaida. lalu kotbah utama perayaan Natal dipimpin oleh Pendeta Nikolaus Kadepa  sebagai sekretaris dua Agadide.


Ketiga, Kelompok Imanuel A

Perayaan Natal 25 Desember 2020 untuk kelompok Imanuel A. Perayaan Natal dipusatkan Bertempat Jemaat Siloam Bamoma lalu kotbah utama perayaan Natal dipimpin oleh Pendeta Yosias Tenouye sebagai wakil ketua Klasis Agadide.


Keempat, Kelompok Imanuel.B

Perayaan Natal 25 Desember 2020 untuk kelompok Imanuel B perayaan Natal dipusatkan Bertempat Jemaat Gedeon Yabomaida lalu kotbah utama perayaan Natal dipimpin oleh Pendeta Nopias Kobepa sebagai bendahara satu  Klasis Agadide.

Kelima, Kelompok Imanuel C

Perayaan Natal 25 Desember 2020 untuk kelompok Imanuel C perayaan Natal dipusatkan Jemaat Nasareth Dentai lalu kotbah Utama Pendeta Isak Kudiai sebagai Bandan Klasis Agadide.


Keenam, Kelompok Maatadi Tukapaa

Perayaan Natal 25 Desember 2020 untuk kelompok Maatadi Perayaan natal dipusatkan Jemaat Efata Maatadi lalu kotbah utama dipimpin oleh Ev Abet Tumipa.

Prosesi Jalannya Perayaan

Pada tanggal 26 Novermber 2020 adalah  Pemupukan  Rohani   Natal  dilaksanakan  bertempat  Klasis Agadide. Kotbah utama Firman Tuhan dipimpin oleh Pendeta Ben Nawipa. Ayat Alkitab yang diambil dalam perayaan tersebut adalah dari  Kitab Pilipi 4 ayat 4. Dengan tema:  "Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan sebelum hari Natal tiba  sebagai hari kelahiran Yesus Kristus." 


Selanjutnya,  pada tanggal 1 Desember 2020 adalah  Gerban Natal dilaksanakan. Bertempat Klasis Agadide, dipimpin oleh Pendeta Yoseph Kadepa dengan bacaan dan renungan dari  Alkitab Yahanes  3, Ayat 14 -17 dengan thema: "Setiap Orang Wajib Percaya Mesias Anak Allah Sesungguh Hati."


Setalahnya perayaan dilanjutkan lagi pada tanggal 10 Desember 2020. Dan kali ini dikhususkan sebagai perayaan natal sekolah Minggu. Perayaan tersebut dilaksanakan  di Klasis Agadide.


Kotbah utama Firman Tuhan perayaan natal sekolah Minggu dimimpin oleh Ev. Yulius Kadepa dan bacaan yang diangkat dari Alkitab, kitab  Lukas ayat  2  dan ayat 17 dengan thema:   "Maria Melahirkan Seorang Anak Laki-laki.


Perayaan masih berlanjut dan  pada tanggal 15 Desember 2020  adalah Perayaan natal  Pelayanan perempuan dilaksanakan bertempat  Klasis Agadide dengan thema: "Maria Ibu-Nya mengandung dari  Rohkudus".


Pada tanggal 18 Desember 2020 Perayaan Natal Pemuda-pemudi dilaksanakan bertempat  Klasis  Agadide.


Kotbah utama Firman Tuhan oleh Pendeta  Aleb Kadepa. Dengan thema: "Pemuda-pemudi siap jemput kota Allah kekal damai yang datang bersama Yesus."


Dan Pada tanggal 28 Desember 2020 dilaksanakan perayaan Natal Gabungan.  Perayaan kali ini   dilaksanakan bertempat Klasis Agadide. Dengan pengkotbah Pendeta  Oktopianus Kadepa . Beliau mengambil Ayat dari Injil Matius,  2:  1-12.  Lalu berikan Thema:  "Orang-orang Majus  datang ke Betlehem  dalam kondisi yang sempit  untuk menyembah Yesus juru selamat Raja agung."


Perayaan terakhir dilaksanakan tanggal 31 Desember 2020. Dan perayaan ini adalah puncaknya yang diberi nama   perayaan natal  gabungan dan sekaligus  menyambut tahun baru 2021 bersama jemaat di wilayah tersebut.  Untuk perayaan ini dipusatkan di Klasis Agadide.


Dalam kesempatan itu,  ketua Klasis Agadide Pendeta  Daniel Tatogo memimpin jalannya ibadah kunci tahun dengan thema:  "Allah berjanji keselamatan manusia kepribadian  Yesus melalui nubuatan kegenapan para nabi."

 

 

Pewarta: Yulianus Nawipa
 

#Gereja

Baca Juga, Artikel Terkait