Jika Deiyai Kondusif, Kenapa Pemuda Deiyai Masih Ada Di Tahanan?

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

1 Bulan yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
Kondisi masyarakat Deiyai, saat aksi protes rasisme. (Doc. KM/Ist)

 

NABIRE, KABARMAPEGAA.com--Deiyai kondusif setelah Protes aksi kejahatan rasisme terjadi sudah berlalu, kemudian Bupati bersama Kapolres Paniai, Dandim bersama Bupati Deiyai lalukan kesepakatan bersama bahwa Deiyai Kondusif dan dilanjutkan dengan Apel bersama TNI, POLRI bersama seluruh ASN dilingkungan kerja Kabupaten Deiyai.

 

Namun beberapa pemuda yang sempat ditahan sejak aksi protes rasisme lalu di Deiyai samapai detik ini masih ditahan dalam tahanan polres Paniai. Menaggapi hal tersebut, Ketua Barisan Muda Damai Sejahtera (BMDS) Kabupaten Deiyai, Mando Mote angkat bicara.

 

Mando menayakan kesepakatan yang semapat dilakukan bersama Kapolres, Danddim dan Bupati Deiyai belum lama ini.

 

“Kami BMDS menanyakan sudah sepakat antara Kapolres, Dandim, Bupati bahwa kondusif namum kenapa kami punya Pemuda Deiyai hingga saat ini masih dalam tahanan?” bebernya.

 

Menurutnya, sikap ini menunjukan seakan-akan deiyai belum kondusif maka dengan hormat kami Pemuda Deiyai minta kepada Kapolres, Dandim juga Bupati Deiyai segera merespon bebaskan beberapa pemuda Deiyai tanpa syarat yang masih ada dalam tahanan.

 

“Jangan menunjukkan sikap atau kebijakan yang menipu rakyat Deiyai. Beberapa intelektual deiyai Juga sudah menyampaikan pengakuan bahwa deiyai belum kondusif sepanjang yang di tahanan itu belum dibebaskan,” katanya.

 

Merekapun meminta segera bebaskan para tahanan yang ada di Polres Paniai yang ditangkap setelah Protes aksi Kejahatan rasisme di Deiyai.

 

“Kami kwatir Bahwa oleh Karena pemuda masih tahanan lalu ketraumaan masyarakat masih terus ada,” bebernya.

 

Sebenarnya saat apel bersama itu, Bupati deiyai, kapolres Paniai, Dandim Juga ASN Deiyai, saat itu pula Para tahanan itu ikutkan apel Gabungan  lalu sampaikan Deiyai aman, dan kondusif agar seluruh masyarakat melihat dan mengakui bahwa Deiyai benar-benar aman.

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

#BMDS Kabupaten Deiyai

Baca Juga, Artikel Terkait