Kekurangan VTM, Hanya 4 Sampel Lendir Tes Swab yang Dikirim ke Jayapura

Cinque Terre
Eman B Youw

1 Tahun yang lalu
KESEHATAN

Tentang Penulis
((( Foto : Tim Gugus Tugas Covid-19 Nabire )))

NABIRE.KABARMAPEGAA.com-Setelah mengambil 4 sampel lendir melalui tes swab untuk memastikan keakuratan status  1 pasien dalam pengawasan (PDP) dan  3 orang dalam pengawasan (ODP) positif atau negatif terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Gugus Tugas Covid-19 Nabire mengirim  ke Jayapura untuk melakukan  pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium. Rabu (15/4/20).

“kami hanya megambil 4 sampel lendir melalui tes swab dan hari ini kami kirim ke jayapura untuk memeriksa keakuratanya dengan metode PCR di laboratorium. 4 sampel tersebut terdiri dari 1 PDP dan 3 ODP.

Ditanya soal mengapa tiga sampel ODP saja yang kirim ke jayapura sementara di nabire tercatat 29 ODP. dr.Syaori mengaku, Nabire hanya memiliki 8 buah virus transver media tranver virus  (VTM) sementara  masing-masing orang  yang di tes swab harus menggunakan dua VTM sehingga cukup untuk 3 ODP dan 1 PDP saja.

Dijelaskan dokter Sayori, hasil tes Swab yang akan diperiksa dengan metode PCR dilaboratorium inilah yang akan menentukan positif atau negatif seseorang terpapar virus  korona. Dalam Rapid tes kadang hasilnya positif, tapi pada tes swab hasilnya bisa negatif  ataupun sebaliknya, karena itu hasil Rapid tes tidak bisa dijadikan rujukan untuk memvonis pasien.

 “muda-mudahan  cepat selesasi  melalui pemeriksaan PCR di laboratorium, agar hasilnya bisa kita dapat pada 2 atau 3 hari ke depan,”tukas dokter Sayori. ***

 

#Pandemi Covid-19

Baca Juga, Artikel Terkait