Keluarga Datang, Tokoh Agama Papua Minta Tapol Papua Dikembalikan Dari Kalimantan Timur Ke Papua

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

19 Hari yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
Saat pertemua keluarga, tokoh agama papua dan tim koalisi penegak HAM Papua/E.G/KM

 

 

 

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.COM-- Tim Koalisi Penegak Hukum dan HAM Papua mengirimkan surat audensi ke Tokoh Agama Bapak Beni Giyai. Audensi tersebut direncanakan dilakukan pada hari selasa, 29 Oktober 2019 setelah surat audensi diterima Bapak Beni Giyai, beliau mengiyakan dan audensi pun dilakukan, senin (28/10/2019).

 

Sesuai agenda audensi awalanya Tim Koalisi menyampaikan kronologis dan posisi seluruh kasus dimulai dari pembubaran masa aksi anti rasisme di Timika, Deiyai, Jayapura dan Wamena yang terjadi dalam rentan waktu bulan Agustus 2019 - aeptember 2019.

 

Selanjutnya, pihak keluarga korban penangkapan serta korban kriminalisasi menyampaikan pandangan dan harapan atas kasus yang menimpa keluarganya.

 

Tim koalisi menyampaikan keinginan dari seluruh tersangka baik yang di Timika, Deiyai, Jayapura, Kalimantan dan Wamena.

 

Semua pembahasan itu diterima oleh Bapak Beni Giyai selaku Ketua Sinode Kingmi sebagai perwakilan Tokoh Agama di Papua dengan pernyataan prihatin serta meminta kepada keluarga untuk kuat menghadapi cobaan ini karena bukan hanya bapak ibu yang menjadi namun banyak orang Papua yang menjadi korban ketidakadilan.

 

Selanjutnya, menyangkut permintaan keluarga salah satunya untuk meminta Ketujuh Tahanan Politik Papua dikembalikan dari Kalimantan Timur ke Papua dan menjalani proses hukum di Papua akan ditampung selanjutnya ketika datanya lengkap akan disampaikan kepada para pihak baik DPRP, Gubernur Papua, MRP, Kapolda Papua dan lain sebagainya.

 

Selain itu, Beliau akan mengundang koalisi dan keluarga kembali untuk bertemu dengan seluruh Tokoh Agama di Papua.

 

Akhirnya tim menutup audensi dengan akan menyerahkan data seluruh kasus ke sinode dalam waktu dekat. Selain itu akan menepati undangan Tokoh Agama di Papua nanti.

 

Pewarta: Anselmus Gobai/KM

 

 

#LBH Papua

Baca Juga, Artikel Terkait