Kembalikan Epouto sebagai Pusat Pendidikan di Meeuwo

Cinque Terre
Manfred Kudiai

4 Bulan yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Pemred Kabar Mapegaa (KM)
Epouto. Ist.

 

NABIRE, KABARMAPEGAA.com--Epouto sebuah kampung dipinggiran Danau Tage,  Distrik Yatamo, Kabupaten Paniai. Wilayah ini dikelilingi perbukitan, Kobouyedimi, Potamo dan Miye serta Danau Tage. 

Dahulu, para  Pastor  asal Belanda membangun Susteran dan SMP di kampung tersebut.

Melihat hal tersebut,  legislator Papua,
John NR Gobai berharap, Epouto harus jadi pusat pendidikan di wilayah Meepago. 

"Dulu, suke Mee dan Moni yang beragama katolik dibawa dan bersekolah di sini. Dan didikan dari tempat tersebut terbukti. Banyak orang-orang hebat adalah lulusan dari Epouto," jelasnya kepada Kabar Mapegaa, Minggu, (13/06).

Kata Gobai Epouto pada jaman itu oleh misionaris, pendidikan yang dibangun berpola asrama dan dengan demikian pendidikan kala itu sangat baik.

Epouto, wilayah yang dikelilingi oleh perbukitan, Kobouyedimi, Poti dan Miye serta danau Tage ini memungkinkan siswa mudah diawasi. Siswa, kala itu selain belajar di sekolah mereka juga dibina untuk bekerja di kebun dan belajar peternakan milik misionaris katolik dibawa bimbingan para pastor ordo OFM.

"Para siswa dari kampung lain melanjutkan kelas 4  SD sampai dengan SMP kelas 3 bersekolah di Epouto. Dengan pola asrama dan juga dukungan dana  para donatur dari para misionaris Belanda, telah menghasilkan banyak orang hebat lulusan SD dan SMP Epouto, karya ini kemudian hilang sejak dipindahkannya SMP Epouto ke Moanemani," jelasnya. 

Epouto sekarang, kata  John NR Gobai, melalui pemikiran sejumlah orang hebat di Epouto sejak tahun 2009 ke atas dimotori Pak Guru Esau Tekege, Pak Guru Emerikus Tekege, ibu guru Siska Youw dan Bp.Amatus Tatogo serta Emanuel Youw, tengah membangun kembali SMP YPPK dan SMA YPPK Epouto serta asramanya yang sederhana.

"Saya pikir ini terobosan luar biasa membangun kembali atau mengembalikan  Epouto sebagai pusat pendidikan yang berbasis Katolik di Meeuwo sesuai dengan kondisi alamnya," katanya. 

Gobai yakin, ini akan berkembang jika didukung baik oleh Pemerintah.

"Mengembalikan Epouto sebagai pusat pendidikan adalah sebuah harapan, apalagi telah ada sekolah dan asrama tentu mereka memerlukan sentuhan dan dukungan pemerintah," terang Gobai.

Dengan hadirnya pembangunan sekolah di Epouto,  menurut Gobai dirinya menyambut baik. Hal itu dikatakan Gobai melihat akan pentingnya membangun pendidikan di Wilayah Meepago. 

"Tidak perlu mengirim siswa keluar daerah, tapi jika dibangun fasilitas yang baik, datangkan guru yang berkualitas ke Epouto maka, Epouto  akan menjadi Sentra Pendidikan berpola asrama di Meepago," terang John NR Gobai. (*).

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

Baca Juga, Artikel Terkait