Ketua BMDS: Pemimpin seharusnya menjadi pembela, pelindung, pengayom masyarakat

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

1 Bulan yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
Ketua Barisan Muda Damai Sejahtera ( BMDS ) Kabupaten Deiyai, Papua,  Mando Mote, S.IP. (Foto. Doc. Prib. Ist)

 

 

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.com--Pemimpin itu dipilih oleh rakyat maka jiwa dan ragapun harus persembahkan seutuhnya untuk masyarakat secara berani, tegas, terbuka dan bertanggungjawab.  Pemimpin itu wajib menjadi pembela, pelindung, pengayom masyarakat.

 

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Barisan Muda Damai Sejahtera ( BMDS ) Kabupaten Deiyai, Papua,  Mando Mote kepada kabarmapegaa.com saat diwawancara, Senin (16/9/19) via telpon seluler.

 

“Kami sangat prihatin dengan peristiwa luar biasa di Deiyai terjadi namum terkesan biasa - biasa juga takut membela masyarakat. DPRD Deiyai, Pemerintah Deiyai dimana, ada sekitar 11 orang masih di tahanan polres Paniai, TNI/POLRI masih keliaran menakut nakuti masyarakat deiyai di setiap kampong,” katanya. 

 

Kondisi masyarakat Deiyai saat ini masih, Kata Mando,  trauma lalu ini tanggungjawab siapa dan yang punya kewenangan siapa?.

 

“Yang punya kekuasaan, kewenangan untuk mengatur, mengamankan daerah  mengembalikan kondisi masyarakat kondusif adalah DPRD deiyai, Pemerintah Daerah bersama Pihak TNI/PolriI dengan didukung dari seluruh masyarakat Deiyai,” katanya.

 

Untuk itu, pihaknya minta kepada  wadah FORKPIMDA (Forum komunikasi Pimpinan Daerah) dalam hal ini Bupati, DPRD, kapolres, Dandim itu aktifkan dan maanfatkan itu dalam rangka mengamankan masyarakat yang di tahanan, mengembalikan TNI/Polri yang berkeliaran tanpa dasar alasan yang jelas itu.

 

Kata Mando Mote alumni IPDN Tahun Ajaran 2013 ini menuturkan, “Sekali lagi kami sampiakan bahwa, Kami ingin masyarakat bebas beraktifitas tanpa ada beban.”

 

Menurutnya, hal ini patut ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah, DPRD, KAPOLRES, DANDIM segera selesaikan bersama. Berikan jaminan keamanan, kenyamanan, bagi masyarakat tanpa ada gerakan dari Aparat yang berkeliaran di sejumlah kampung di Deiyai.

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

 

 

#Pemerintahan

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

Baca Juga, Artikel Terkait