Ketua GNPKRI Papua Menegaskan CPNS Provinsi Papua DPR Prioritaskan OAP

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

3 Tahun yang lalu
INFORMASI

Tentang Penulis
Foto: Yunus Gobai/KM

 

 

JAYAPURA,KABARMAPEGAA.com--Ketua GNPKRI Provinsi Papua menegaskan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 akan dilakukan dalam beberapa waktu dekat. Pemerintah  Provinsi Papua CPNS tersebut bagi Orang Asli Papua (OAP). Penegasan ini disampaikan Ketua GNPKRI Provinsi Papua Jekson Ikomou kepada wartawan usai melakukan Musda KNPI Provinsi Papua di Mega Waena kamis 11/10/2018.

 

“Kami tidak bermaksud menciptakan diskriminasi dalam hal penerimaan CPNS tetapi memang kesempatan harus di sediakan bagi OAP terutama anak-anak asli Papua yang kini sedang mencari lapangan pekerjaan,” tegasnya.

 

Ia mengaku, sampai saat ini para pencari kerja OAP jumlahnya masih sangat banyak. Jenis pekerjaan yang paling dimintai adalah menjadi pegawai, walaupun pegawai bukan satu-satunya sumber pekerjaan. Hal ini disebabkan oleh kurang adanya ketersediaan lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja.

 

Menurutnya, banyak  miliki kawasan industri  mempunyai perusahaan-perusahaan besar di Provinsi Papua pada hal Anak Asli Papua pencari kerja mampu  kemampuanya. Dampaknya  penerimaan CPNS menjadi tujuan dalam mencari pekerjaan.

 

Selain itu, Pemerintah Provinsi Papua  segera  membiayai anak-anak asli Papua mengenyam pendidikan di luar Papua maupun di Papua. Pemerintah provinsi  juga segera membangun sarana-sarana pendidikan yang mana telah melahirkan banyak anak asli Papua yang handal dalam membangun daerah melalui profesi ASN.

 

“Anak-anak asli Papua yang wajib prioritaskan dalam proses penerimaan CPNS mendatang. Pemerintahan Provinsi Papua segera mengawasi semua tahapan dan berusaha menghindari dari praktek-prakter penerimaan yang tidak memihak OAP di Provinsi Papua,”tutupnya.

 

 

Pewarta: Yunus Eki Gobai/KM

Baca Juga, Artikel Terkait