KNPB Mnukwar: Siapkan Diri Menyambut 1 Desember Sebagai Hari Kemerdekaan Bangsa Papua

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

4 Bulan yang lalu
INFORMASI

Tentang Penulis
Anggota KNBP Mnukwar, Minggu (29/11/2020).

 

 

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.COM--Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Mnukwar menghimbau kepada seluruh rakyat papua lebih khususnya wilayah Mnukwar untuk segara mempersiapkan diri menuju perayaan tanggal 1 Desember 2020 dan meliburkan diri dari aktifitas keseharian. Sebab bangsa papua perna merdeka pada 1 desember 1961 hingga sekarang 2020 menjadi 59 tahun bangsa Papua merdeka. Minggu (29/11/2020).

 

Bocor Magai selaku juru bicara (KNPB) wilayah Mnukwar mengatakan bangsa Papua barat dan bangsa Indonesia memiliki penjajah tersendiri dan tidak sama walaupun ada dibawah satu penguasa serta berbeda pula dalam perlawanan pembebasan kemerdeka sehinga bangsa papua  dan bangsa indonesia memiliki sejarah yang berbeda.

 

lanjut Magai, seluruh dunia tahu bahwa tanggal 1 desember 1961 tokoh atau negarawan bangsa papua yang terdidik dan terpelajar melalui komite nasional papua dan Dewan Nieuw Guinea raad secara resmi mengumumkan nama negara: Papua Barat, lagu kebangsaan;  Hai Tanahku Papua, bendera Negara: Bintang Kejora, lambang negara Burung Mambruk dengan semboyan  “One People One Soul”, katanya.

 

Tanggal 1 desember 1961 menjadi hari nasional bangsa papua yang terus menerus dari tahun ke tahun diperinggati oleh rakyat papua sebagai hari merdeka bangsa Papua.

 

Abraham Togopi sekertasi KNPB Mnukwari mengatakan hari manifesto politik yang ke 59 tahun kali  ini dilakukan dalam bentuk doa maupuan diskusi di tempat dimana orang asli papua (OAP) berada.

 

Lanjut Abraham, KNPB wilayah mnukwar secara tegas menyampaikan kepada rakyat papua di mnukwar tidak boleh ada aktifitas pengibaran bendera bangsa papua, bendera bintang fajar  dengan cara dan bentuk apapun sebab bendera bintang fajar  merupakan sesuatu yang sakral bukan untuk dipermainkan seperti layang-layang yang dinaikan dan diturunkan begitu saja.

 

Bendera bintang fajar  seharusnya dinaikan secara terhormat dan diturunkan juga secara terhormat dan akan dikibarkan nanti untuk selama-lamanya.

 

Dalam perayaan 1 Desember 2020 terdapat pengibaran bendera  tanpa terhormat  dan  tidak dipertanggung jawabkan maka, KNPB Mnukwar tidak bertanggungjawabkan dan akan memvonus oknum sebagai pihak ketiga, jelas Magai juru bicara  KNPB kepada media ini.

 

Pewarta: Anselmus Gobai/KM

Editor : Admin/KM

 

#Komite Nasional Papua Barat (KNPB)

#TPNPB-OPM

Baca Juga, Artikel Terkait