KNPB Wilayah Numbai Peringati HUT Kemerdekaan Bangsa Papua Ke 59 Tahun

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

6 Bulan yang lalu
POLITIK DAN PEMERINTAH

Tentang Penulis
KNPB Wilayah Numbai Peringati HUT Kemerdekaan Bangsa Papua Ke 59 Tahun.Bertempat sekretariat Sektor Egago wiyai. Selasa (1/12/2020). Foto: Yanuarius Tenoye.

 

 

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.COM--Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Numbay memperingati hari manifesto politik perjuangan kemerdekaan bangsa Papua pada 1 desember 1961-1 desember 2020 ke 59 tahun. Bertempat sekretariat Sektor Egago wiyai. Selasa (1/12/2020).

 

Memperingati hari ulang tahun HUT KE 59 dengan mengawali ibadah singkat sebagai ucapan syukur kepada alam leluhur bangsa Papua dan kepada Tuhan,  yang  di pimpin langsung oleh  Obai bona Adii.

 

Ibadah sykuran dengan tema: Yesus hadir untuk menyelamatkan umat manusia dan Kita hadir untuk membebaskan alam dan manusia yang ditindas dan sedang menindas diatas negeri tanah Papua.

 

Peku Gobai sebagai selaku Ketua sektor Egago Wiyai mengatakan, kapitalis, kolonialisme, yang dapat diduduki  pulau Papua untuk merebut kekayaan alam Papua dari tahun 60-an sampai 2020 ini dan kini pun masih dalam terjadi  pembungkaman berdasarkan alasan yang tidak kondusif  ialah dinyatakan Papua merdeka.

 

Tetapi ternyata amat kejam dengan berbagai sistem yang  selalu dilakukan oleh kolonial Indonesia yakni;  kekerasan, penindasan, pemerkosaan, pembunuhan  dengan tujuan  memusnahkan  kekayaan alam dan orang asli bangsa Papua .

 

Lanjut peku, Meskipun begitu kejam kejadian, tetapi perjuangan pembebasan bangsa Papua tetap  eksis  berjuang  dalam perjuangan pembebasan hingga titik penghabisan tumpah darah diatas tanah Papua untuk hidup tersendiri bagi orang asli bangsa Papua, tanpa dengan negara Kolonial Indonesia, "Katanya"

 

Salah satu anggota sektor  yang dapat  berupa sebuah pertanyaan  terkait penjelasan diatas,  dan dapat di jelaskan tentang  New York Agreement yang merupakan salah satu perjanjian antara Amerika, Indonesia, Belanda namun tujuan merebut Freeport dan seluruh kekayaan alam Papua, "Katanya"

 

Kikibi Pigai,  yang salah satu anggota mengatakan, perjuangan KNPB dan seluruh rakyat bangsa Papua tetap dipertahankan perjuangan jalan menuju pembebasan di Tanah Papua dan  demi juga ingin terpisah serta hidup hanya tersendiri diatas alam kekayaannya.

 

Kebenaran tak perna disembunyikan,  kebenaran tetap kebenaran dan salah tetap salah. Sebab, proses menentukan hak nasib sendiri bagi orang asli Papua, bukan berjuang tanpa ideologi melainkan perjuangan berdasarkan  ideologi dan kebenaran yang sesungguhnya "Pungkasnya"

 

Pewarta: Yanuarius Tenoye dan Hendrik Gobai Kadepa

Editor: Admin/KM

 

#Politik

#Komite Nasional Papua Barat (KNPB)

Baca Juga, Artikel Terkait