Komunitas Mahasiswa Independen Somatua Intan Jaya Tolak Otsus Jilid II Di Papua

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Pengurus Komunitas Independen Mahasiswa Somatua Intan Jaya (KOMISI).

 

 

TIMIKA, KABARMAPEGAA.COM_ Komunitas Independen Mahasiswa Somatua Intan Jaya (KOMISI) mewakili seluruh masyarakat kabupaten Intan Jaya dalam sosialisasi bersama tolak Otsus Jilid ll di Papua dan Papua Barat. Intan Jaya, selasa (04/08/2020) kemarin.

 

Komunitas Mahasiswa Independen Somatua Intan Jaya (KOMISI) gelar sosialisasi bersama seluruh lapisan masyarakat dan kaum Intelektual Kabupaten Intan Jaya dengan tema “Pentingkah Otsus Jilid II untuk Papua” dan hasil akhir sosialisasi bersama Otsus tidak penting dan tolak Otsus jilid II di Papua.

 

Hal ini disampaikan oleh Penasehat Komunitas Mahasiswa Independen Somatua Intan Jaya (KOMISI) Adolpius Sondegau, SS kepada wartawan kabarmapegaa melalui via WhatsApp rabu (05/08/2020).

 

Ketua Komisi Somatua Gabriel Sondegau saat sosialisasi tentang penolakan otsus Jilid II di Gereja St. Petrus Agapa menyatakan Intan Jaya ketinggalan berita-berita populer. "Kita di Intan Jaya banyak ketinggalan berita yang sedang berkembang diluar, karena di luar dari Intan Jaya sangat heboh tentang penolakan Otsus Jilid II.

 

Lanjut, Apakah kita hanya diam saja? Ataukah kita juga harus bersuara tentang penolakan Otsus Jilid II, karena kita juga bagian dari Papua, jadi hasil akhir kami bersama tolak Otsus jilid II di Papua", jelas ketua Komisi Somatua Intan Jaya, tutupnya.

 

Selain itu, Sekertaris I Komisi Somatua Kales Bagau mewakili seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Intan Jaya mendukung aspirasi penolakan Otsus jilid II.

 

"Kami Badan Pengurus KOMISI Somatua serta seluruh anggotanya yang ada di daerah Intan Jaya menyatakan sikap tegas Menolak Otsus Jilid II.”

 

Hal ini dalam keputusan kami dalam rapat intern Komisi. Bilogai sabtu, (25/08/2020) lalu " jelas sekertaris I Komisi Somatua.

 

Kata Bagau "Komisi Somatua Intan Jaya adalah protektor alam dan manusia Intan Jaya. Maka kami mewakili seluruh rakyat Kabupaten Intan Jaya tetap menolak otsus jilid 2. Kami menolak atas dasar kegagalan Otsus 2001, terutama karena banyak peristiwa pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di tanah Papua belum tuntas satupun.

 

Lanjut Bagau, selain tolak Otsus Jilid II, Komisi Somatua juga tetap awasi pergerakan oknum-oknum tertentu yang hendak memasukan perusahan di wilayah Kabupaten Intan Jaya.

 

 "Dalam sosialisasi menyepakati larangan tentang perusahan-perusahan yang hendak masuk di Intan Jaya.", tegas Bagau.

 

"Cukup perusahan sudah telanjangi gunung-gunung kami, dan usir margasatwa di hutan kami. Jangan lagi membunuh generasi dan manusia Kabupaten Intan Jaya"

 

Komisi Somatua Intan Jaya tegas menolak Otsus Jilid II dan perusahan tambang apapun yang hendak masuk di Kabupaten Intan Jaya Papua.

 

Pewarta: Hagimuni Dann/KM

Editor: Anselmus Gobai

 

#Budaya

#Politik

Baca Juga, Artikel Terkait