Konflik Horizontal di Wamena, Mahasiswa Lapago Yogyakarta Nyatakan 8 Sikap

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

10 Hari yang lalu
LAPAGO

Tentang Penulis
Mahasiswa Lapago Yogyakarta usai nyatakan 8 sikap. Senin (10/1/2022).

 

 

Yogyakarta, KABARMAPEGAA.Com—Konflik horizontal yang terjadi di Wamena Papua, Forum Pelajar dan Mahasiswa Wilayah Adat Lapago di Yogyakarta menuntut dan menyatakan delapan (8) pernyataan sikap. Bertempat Kaliurang Sleman Yogyakarta. Senin (10/1/2022).

 

Ketua forum Pelajar dan Mahasiswa Wilayah Adat Lapago di Yogyakarta Romario Wandik mengatakan, kami pelajar dan mahasiswa Lapago Yogyakarta meminta tidak boleh terjadi konflik horizontal antara suku di Wamena, jelas Wandik.

 

Dengan adanya konflik Horizontal di Wamena Papua itu, Kami Forum Pelajar dan Mahasiswa Wilayah Adat Lapago yang berdomisili di Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY) menuntut dan pernyataan sikap bahwa:

 

Pertama, Ketiga pemerintah daerah yaitu kabupaten Nduga, Lani Jaya dan Jayawijaya  tidak boleh membiarkan masyarakat untuk berperang.

 

Kedua, Pihak TNI POLRI agar memakai cara persuasif untuk menghentikan  perang.

 

Ketiga, Pemerintah daerah kab Jayawijaya segera membatasi jalur keluar masuk Wamena yang membawa alat tajam serta mobilisasi massa baik udara maupun darat.

 

Keempat, Kami menolak soal narasi perang suku karena tidak ada yang perang suku di wamena yang ada hanya perang saudara.

 

Kelima, Kami mendesak kepada pihak gereja dan dewan adat wilayah Lapago agar memberikan kenyamanan terhadap masyarakat sipil di Wamena.

 

Keenam , Kami menghimbau kepada semua pihak agar berhenti mengupload video gambar serta klip suara tanpa mengetahui kronologis yang valid.

Ketujuh, kami menolak masalah ini tidak meluas sampai ke tingkat Pelajar dan Mahasiswa di Papua maupun diluar Papua.

 

Kedelapan , Kami meminta kepada pemerintah untuk bisa membuka ruang agar bisa melakukan perdamaian antara kedua belah pihak yang telah terjadi masalah di awal.

 

Editor: Admin/KM

 

 

#Pemerintahan

#Mahasiswa dan Pemuda

#Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait