KPIP: Desak Pemerintah Berpihak Kepada Petani Lokal Papua

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

9 Bulan yang lalu
INFORMASI

Tentang Penulis
Ketua Komunitas Pemuada Independen Paniai (KPIP) Abia Gobai (Foto: Y Gobai/KM)

 

 

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com--Kebijakan pemerintah yang mengedepankan paradigma ketahanan pangan ternyata tidak membawa manfaat bagi peningkatan kesejahteraan petani lokal Papua. Penilaian tersebut disampaikannya berkaitan dengan Hari Pangan Dunia 16 Oktober 2018. Demikian dikatakan Ketua Komunitas Pemuada Independen Paniai (KPIP) Abia Gobai kepada kabarmapegaa, Selasa (16/10/2018).

 

“Paradigma ketahanan pangan dan bukan kedaulatan pangan terbukti telah menyengsarakan rakyat terutama petani lokal Papua,” kata Abia.

 

Ia menjelaskan dengan paradigma ketahanan pangan pemerintah melalui Bulog lebih memilih mengimpor bahan pangan seperti beras dan lain-lain dari luar Papua. Dengan mengimpor bahan pangan tersebut pemerintah lebih memilih mensejahterakan petani negara klonial  ketimbang petani lokal Papua di negeri sendiri.

 

Untuk itu KPIP, kata Abia meminta kepada pemerintah agar meninggalkan paradigma tersebut dengan cara membangun segera pertanian lokal Papua yang berpihak kepada petani lokal Papua secara berkelanjutan demi kemandirian dan swadaya pangan.

 

“Kedaulatan pangan merupakan jalan terutama mengakhiri ketergantungan Papua terhadap pasokan pangan dari luar Papua,"tutupnya.

 

Pewarta: Gobema G/KM

 

Baca Juga, Artikel Terkait