Langka Cepat Tim Medis Covid-19 Nabire, Tracking 224 Orang : 6 Reaktif 218 Orang Tak Reaktif

Cinque Terre
Eman B Youw

1 Bulan yang lalu
MEEPAGO

Tentang Penulis
Ketika tim medis covid-19 Nabire melakukakan rapid test kepada 224 orang yang kontak erat dengan 13 pasien positif covid-19, di Gedung Guest House, Rabu (29/4/20).

 

NABIRE.KABARMAPEGAA.com - Usai Bupati Nabire, Isayas Douw,S.Sos, M.AP resmi mengumumkan adanya 13 orang dalam pemantauan (ODP) dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test PCR (Polymerase Chain Reaction) di Laboratorium Kesesehatan Daerah  Provinsi Papua, Selasa (28/4/20) pekan ini.

Tak menunggu lama, Rabu (29/4/20), betempat Gedung Guest House  Nabire, Tim Medis Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) kabupaten segerah mengambil langka cepat melakukan tracking terhadap 224 orang yang diduga telah melakukan kontak langsung dengan 13 pasien positif Covid-19 tersebut.

Upaya ini dilakukan guna mendeteksi adanya kemungkinan penularan Covid-19 dari 13 pasien positif Covid-19 terhadap orang-orang yang pernah berkontak langsung.

Setelah men-tracking 224 orang  melalui rapid test, ternyata Tim Medis menemukan 6 reaktif  dan  218 orang tak reaktif.

"Iya itu sudah kita lakukan tracking. Ada 224  orang yang kita jaring untuk mengikuti pemeriksaan rapid test . Untuk hasilnya 6 reaktif dan 218 lainya non reaktif,” jelas Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nabire, dr.Frans Sayori,M.Kes, Rabu (29/4/20).

Dijelaskan dr. Sayori, dari 6 orang yang reaktif,  terdiri dari anak dan dewasa. Perikasaan selanjutnya  pihaknya akan mengatur waktu untuk  mengambil sampel lendir melalui tes wab mengunakan alat  Virus Teranver Media (VTM).

“iya, tentunya dalam waktu dekat  kami tim gugus covid-19 kabupaten akan mengatur waktu untuk mengambil sampel lendir melalui test swab  terhadap ke 6 orang yang sudah reaktif  ini,”tutur dr.Sayori.

Tidak terhenti disitu, dr.Sayori mengaku, pihaknya akan men-tracking untuk  mengikuti rapid test  pada sepekan mendatang kepada orang-orang yang berhungan langsung dengan 6 orang yang dinyatakan reaktit  tersebut.

“minggu depan kami juga berencana akan melakukan rapid tes kepada  orang-orang yang berhubungan langsung dengan  ke 6 orang yang  rekatif tadi,”tukasnya.

Untuk diketahui  ketahui reaktif hasil rapid tes, belum tentu positif covid-19. Sesusui porotab kesehatan seorang dinyatakan positif  terinfeksi  Covid-19  harus melalu swab test PCR (Polymerase Chain Reaction) di Laboratorium.***

#Pandemi Covid-19

Baca Juga, Artikel Terkait