Legislator: Minta Pemprov Papua, Segera Lantik Sekda Definitif Sesuai Kepres

Cinque Terre
Yunus Eki Gobai

21 Hari yang lalu
POLITIK DAN PEMERINTAH

Tentang Penulis
Contributor
Laurenzus Kadepa, anggota Komisi I DPR Papua. Foto: Dok-KM

 

TIMIKA,KABARMAPEGAA.com- Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat [DPR] Papua, yang membidangi pemerintahan umum, hukum dan politik, meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua segera melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Papua definitif, Dance Yulian Flassy untuk lima tahun ke depan. Hal itu mengacu pada Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 159/TPA Tahun 2020.

 

Penetapan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan pada 23 September 2020, yang di tanda tangani Farid Utomo selaku Deputi Bidang Administrasi Sekertariat Kabinet (Sekab) Presiden Republik Indonesia.

 

Menurut Politisi NasDem itu mengatakan, posisi strategis seperti Sekda tidak boleh dibiarkan kosong. Sebab katanya, Sekda sangat diperlukan dalam membantu tugas dan pelayanan Pemerintahan dan Masyarakat di Provinsi Papua, terutama membantu tugas Gubernur dan Wakil Gubernur Papua saat ini.

 

“Ini posisi strategis, jangan sampai ditunda-tunda. Imbasnya pasti rakyat,” katanya, dalam keterangan tertulis kepada redaksi Kabarmapegaa.com, Sabtu (7/11/2020)

 

Dengan belum dilantiknya Sekda defenitif, tambahnya, berdampak pula pada anggaran Papua. Mengingat penyerapan Anggaran Belanja Pendapatan Daerah sangat rendah.

 

“Yang pasti, ada tugas-tugas pokok Sekda yang tidak bisa dieksekusi oleh PLT Sekda, yang juga sebagai pimpinan tertinggi dari ASN,”tambahnya

 

Oleh karenanya, Ia beserta pihaknya secara tegas mendesak agar Pemprov Papua melalui instansi terkait dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua berperan secara aktif melakukan pelantikan Sekda definitif.

 

“Pemerintah pusat tidak punya kepentingan apapuan, Soal siapapun yang ditunjuk jadi Sekda Papua dia terbaik sebab tiga besar calon Sekda yang lolos dari hasil seleksi adalah orang asli Papua,”pungkasnya [*]

#Pemerintahan

Baca Juga, Artikel Terkait