Legislator Papua  Maria Elizabeth Kaize Meninggal, Keluarga dan Alumni Jogja Berduka

Cinque Terre
Alexander Gobai

1 Tahun yang lalu
KABAR PAPUA

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.com-- Anggota DPR Papua yang terpilih  jalur pengangkatan 14 kursi atau kursi Otsus, perwakilan dari wilayah  Anim Ha, Maria Elizabeth Kaize mengembuskan nafas terakhir  malam ini. Minggu (5/6/2018) sekitar pukul 18: 00 petang waktu Papua.

 

Berita duka diterima lewat media sosial Facebook  (Fb) yang dipostinng oleh  Neppy Way  dalam akun pribadinya dengan memberikan caption selamat jalan perempuan yang baik hati, Perempuan Asli Papua dari Tanah Anim Ha yang hebat.

 

Kematian anggota DPR Papua ini meninggalkan duka bagi keluarganya serta alumni kota studi Yogyakarta. Terlihat langsung membanjiri jejaring sosial dengan ungkapan bela sungkawa yang beragam dari keluarga dan alumni. Seperti dalam status Fb yang diupdate oleh Neppy Way alumni Jogja pada lima jam lalu.

 

“Selamat Jalan Kk Ibu Dewan, MARIA ELISABETH KAIZE/MERKAS (DPRP PAPUA), Kk perempuan yang baik hati, Perempuan Asli Papua dari Tanah ANIMHA yang hebat, dalam rangka Dinas di Tanah Animha,” paparnya dalam akun Fbnya.

 

Namun tulis Way , Tuhan Yesus berkehendak lain dengan memanggil pulang kak ibu menuju Rumah Bapa Yang Kekal hari ini, tanggal 06-05-2018 di Merauke, Papua Selatan.

 

“Atas Nama Alumni Kota Study Jogjakarta, Kami Ikut Berduka Cita yang mendalam, kk Orang Baik, Tuhan Yesus Pasti menerima kk ibu disisinya,” katanya menyesali kepergian Maria.

 

Sementara itu, novelis Papua, Aprila Wayar mengatakan, saya sangat sedih dan merasa kehilangan karena tidak banyak generasi muda Papua yang sudah duduk di 'kursi empuk' tetap berusaha memperjuangkan hak-hak rakyat Papua.

 

“Maria itu sosok kakak perempuan bijak yang selalu berusaha merangkul adik-adiknya, termasuk saya. Sebagai kakak, dia tidak pernah menunjukan sikap senioritas. Dia selalu mau berdiskusi dengan siapa saja untuk menambah pengetahuannya, tidak terkecuali junior-juniornya di Yogya,” jelas Novelis Perempuan Papua pertama yang juga sebagai alumni Jogja, lulusan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) ini. Minggu (6/5).

 

Atas nama alumni mahasiswa Papua Yogyakarta, Lanjut Aprila, saya ucapkan selamat jalan ke rumah bapa di surga kakak sayang, malaikat Tuhan menyambutmu di surga.

 

Untuk diketahui, sebelum dilantik  menjadi anggota DPR Papua pada 29 November 2017 lalu, Ia juga sebagai senior  di staf ahli DPR Republik Indonesia. Maria juga salah satu perempuan Papua, anggota legislatif  yang dengan tegas menantang Cagub  Papua supaya tidak jual isu pemekaran Papua Selatan.

 

Redaksi belum mendapatkan data yang jelas terkait penyakit yang dideritanya dan atau penyebab meninggalnya anggota legislatif ini.

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

Baca Juga, Artikel Terkait