LPM Papua Akan Gelar Masa Orientasi DPD dan  PKPD

Cinque Terre
Alexander Gobai

3 Tahun yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com – Dalam rangka memberikan penguatan dan peningkatan kapasitas kader, Lembaga Pemuda Mahasiswa (LPM) akan menggelar masa Orientasi Dewan Pemimpin Daerah (DPD) dan Pelatihan Kader Pendamping Desa (PKPD) di Hotel Grand Talent, Kamis (26/4).

 

Ketua Umum DPD LPM Provinsi Papua, Isak H. Rumbarar, ST menyatakan, LPM merupakan jelmaan dari lembaga Ketahanan masyarakat Desa (LKMD) sejak tahun 2001 melalui Mentri dalam Negeri RI telah melakukan apel LKMD Se-Indonesia dengan menghasilkan kesepakatan perubahan nama LKMD menjadi LPM.

 

“Sejak saat itu, LPM telah eksis di luar Papua. Pada  lima tahun yang lalu saat kepemimpinan DPP LPM RI oleh Bung Idrus Marham memandatkan LPM Papua kepada kami, namun  tidak terterkonsolidasi baik oleh DPP LPM saat ini,” Kata Rumbarar, Kepada Wartawan di salah satu Hotel ternama, Abepura, Selasa (24/4).

 

Menurutnya, sejalan dengan amanat UU No 6 Tahun 2014, LPM memiliki tugas dan peran startegis bersama pemerintah menyusun rencana pembangunan yang berpartisipasif, menggerakan swadaya gotong royong masyarakat dan ikut melaksanakan pengendalian pembangunan dan membangun kerjasama antarlembaga yang ada di masyarakat dalam meningkatkan pembangunan ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Papua yang mandiri dan sejahtera.

 

“Pembekalan  dan oritensi  ini agar dapat memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai fungsionaris DPD LPM Papua dalam mengembang amanat yang diberikan  UUnya kepada nya, tapi juga memberikan ruang kepada stakeholder dan pihak terkait  untuk menyampaikan kiatnya untuk memberdayakan masyarkat di tanah Papua, sehingga dapat memberikan pencerahan bagi pengurus DPD LPM Papua yang akan melaksanakan pendampingan dan pemberdayaan bagi masyarakat” katanya.

 

Kata dia, orientasi yang akan diselenggrakan pada tanggal 26 April 2018 akan diikuti semua pengurus 29 Kabupaten dan kota di Provinsi Papua. Karena setelah dilantik pada tanggal 5 September 2018 kemudian membentuk pengurus karateker pada 29 Kabupaten dan kota. 

 

“Pengurus LPM harus mendapatkan pembekalan orientasi dam pelatihan kader pendampingan desa agar  mengetahui  secara utuh peran dan fungsi LPM,” ujarnya.

 

Semetara, Sekretaris  DPD LPM Provinsi Papua, Yopie F. Romhadi, S.Sos menyatakan, fokus kegiatan pada pembekalan kepada para pengurus DPD Provinsi Papua dan 29 kabupaten kota, sehingga visi dari LPM “terwujudnya Harmonisasi hubungan antara LPM dan Pemerintah di setiap tingkatan serta seluruh lapisan masyarakat dalam menghembuskan nafas pemberdayaan bagi masyarakat Papua untuk bangkit, mandiri dan sejajtera” agar bisa diterapkan di masing-masing daerah.

 

“Kami akan mengundang beberapa pemateri dari Jakarta dan Provinsi Papua untuk memberikan pemahaman dan cara-cara kerja agar LPM ini dapat berkerja  membangun startegis dan penembangan kerja di tengah masyarakat,” ungkapnya.

 

Ia berharapa, orientasi dan pelatihan itu bisa  mensinergiskan kerja-kerja LPM dan stakeholder sehingga, kader-kadaer LPM bisa membuat bisa RPMJ kampung dan lainnya.

 

Wakil Ketua Pantia, Rikardus Faroka mengatakan, undangan untuk menghadrikan peserta dari 29 kabupaten dan kota dan OKP serta Tokoh perempuan, Adat, Pemuda dan masyarakat serta pemerintah sudah didistibusikan.

 

 “Sudah mencapai 90 persen, kami sudah melakukan konfirmasi dengan  pemateri dari Jakarta, Provinsi  bahkan Daerah,” katanya.

 

Kata dia, orientansi dan pelatihan itu akan dibagi dalam bentuk. Pertama,m materi-materi akan diberikan dalam dua hari, dari tanggal 26-27 April 2018. Pada tanggal 27 April 2018, peserta akan turun di lapangan di kampung Buleibe, Ayapo sebagai bentuk aksi nyata kepada masyarat.

 

“Kami akan turun lapangan dengan tujuan bertukar pendapat dan mempelajari kehidupan masyarkat berdasarkan potensi yang mereka peroleh,” ungkapnya.

 

Ada beberapa pemateri yang akan disampaikan seperti,  Mentri Sosial RI, Kepala Pemberdayaan Masyarakat kampung Provinsi Papua, Ketua DPP LPM RI, Kepala Bappeda Provinsi Papua, Kepala Pemberdayaan Perempuan Papua, Ketua Pokja Perempuan MRP, PT. Freeport, PT, Pertamina, PT. PLN Papua, Praktisi, DPP LPM RI dan  Ketua DPD LPM Provinsi Papua.

 

Pewarta        : Alexander Gobai.

#Budaya

Baca Juga, Artikel Terkait