MABA IKAPPMA: Stefanus Kadepa Memberikan Materi Handphone Sebagai Media Pembelajaran

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
TEKNOLOGI

Tentang Penulis
Saat materi seminar berlansung. (Foto: Yunus Gobai/KM)

 

 

 

JAYAPURAN, KABARMAPEGAA.COM--Ringkasan materi yang disampaikan dalam seminar sehari oleh Stefanus Kadepa, S.Kom tentang Handphone Sebagai Media Pembelajaran di kampus dalam kegiatan Penerimaan Anggota Baru  Ikatan Pelajar Mahasiswa Agadide (IKAPPMA) Jayapura pada hari jumat, 5 oktober 2018 pukul 12 00-selesai  di jl. Wisma Gren Kota Raja Jayapura Papua

 

Badan pengurus percayakan beliau menjadi pembicara dalam seminar sehari dan orientasi Mahasiswa Baru (MABA) dalam program kerja badan pengurus harian  Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Agadide di Jayapura dalam seminar sehari mereka telah berdiskusi yang berkaitan dengan " Pemanfaatan Teknologi Komunikasi (Handphone) sebagai Media Mempelajaran  di Dunia Kampus."

 

Dengan demikian dalam seminar sehari itu  pemateri mendahulukan beberapa kata yang mengandung arti dari  IT, sehingga kata itu dapat direnungkan sendiri dalam bentuk pertanyaan pertanyaan seperti apa pengertian teknologi informasi? Mengapa ada Handphone? Mengapa handphone sebagai media  belajar di kampus? Apa manfaat handphone? Apa keuntungan memakai handphone? Apa tujuan handphone?

 

Pertanyaan-pertanyaan seperti  itu perlu kita renungkan karena kemajuan  teknologi menjadi salah satu pemicu utama semakin banyaknya inovasi yang diciptakan dalam dunia pendidikan. Salah satunya, dengan dimanfaatkannya perangkat teknologi seperti handphone ini, kegiatan pembelajaran tidak hanya bersifat konvensional saja. Hal tersebut sejalan dengan konsep pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik atau e-learning yaitu untuk mengatasi batas ruang dan waktu sehingga proses belajar dapat dilakukan kapan dan dimana saja.

 

Handphone Berperan Sebagai Media Pembelajaran

 

Media dirancang dan diciptakan untuk mempermudah proses belajar baik bagi guru maupun siswa. Handphone berfungsi sebagai alat atau media komunikasi, sehingga dari fungsinya tersebut bisa kita manfaatkan sebagai media pembelajaran.

 

Saya mengenal komputer sudah lama meskipun dulu tidak punya komputer apalagi yang namanya laptop komputer yang kita kenal hanya program Ms.Word dan Ms.Exel, itupun kalau saya ingin belajar harus didampingi teman atau membeli buku kalau punya duit.

 

Sekarang memasuki abad 21 dimana informasi tidak harus membeli buku, sebagai gantinya kita harus punya komputer sendiri dengan kelengkapan modemnya cakrawala kita akan terbuka seluas-luasnya.

 

Saya mulai sengan dengan internet, facebook karena adanya diklat online ini, dulu saya tidak suka apalagi facebook, karena masih belum ada tuntutan maklum masih guru luar negeri dan belum mengetahui kegunaan dengan keilmuan yang saya miliki.

 

Kalau ingin tahu ya minta tolong sama teman, sekarang dengan berbagai informasi dan banyaknya tugas dari diklat ini memaksa saya untuk selalu membuka internet meskipun badan terasa sakit setelah beraktivita seharian.

 

Terima kasih saya ucapkan pada pemateri yang memberikan gambaran materi, urutan dalam penyampaian tugas, meskipun tugas yang saya kerjakan kurang sempurna.

 

Internet tidak hanya pada pendidikan saja melainkan semua informasi ada didalamnya seperti Berita, Makalah, Skripsi digital, translate bahasa dll.

 

Jadi  pemateri mengajak mahasiswa perbanyak membuka internet dalam menggali informasi karena internet merupakan Gudang Ilmu dan Informasi.

 

Kesimpulan

 

Dari penjelasan yang telah dipaparkan, dapat di tarik kesimpulan bahwa teknologi handphone membawa pengaruh yang begitu besar bagi setiap aspek kehidupan terutama pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi handphone dapat memberikan kemajuan bagi dunia pendidikan, karena teknologi komunikasi menjadi kunci untuk menuju  masa depan yang lebih baik.

 

Saran dan harapan saya kepada anggota IKAPPMA  pada umumnya dan lebih kusususnya anggota baru bahwa agar  teknologi informasi bisa  dimanfaatkan  dalam proses  pembelajaran karena  metode ini sangat  menunjang dalam pembelajaran  dan juga sebagai  salah satu media  belajar  karena handphone  banyak sekali  manfaat  didalam media pembelajan.

 

 

Diringkas oleh Yunus Gobai  yang membidangi  Komisi HAM & Komunikasi Sosial di Paroki Kristus Sang Gembala Wedaumamo-Biamoma Paniai. Sabtu, 6 Oktober 2018.

Baca Juga, Artikel Terkait