Mahasiswa Meepago Nabire Peringati Hari "New York Agreement"

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

1 Bulan yang lalu
INFORMASI

Tentang Penulis
Mahasiswa Meepago Nabire Peringati Hari "New York Agreement" Minggu, 15 Agustus 2021/Hendrikus Gobai.

 

 

NABIRE, KABARMAPEGAA.com--Mahasiswa Meepago kota Nabire Papua memperingati  hari “New York Agreement” 15 Agustus 1962-20021.  Bertempat Kalibobo Nabire, Papua. Minggu, (15/08/2021).

 

Januarius Tebai ketua kordinator Lapangan mengatakan, Perjanjian New York agreement adalah sebuah perjanjian yang diprakarsai oleh Amerika Serikat pada tahun 1962 untuk terjadinya pemindahan kekuasaan atas Papua barat dari Belanda ke Indonesia.

 

Lanjut Tebai, Meskipun perjanjian tidak dapat meniadakan kewajiban yang didefinisikan dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, tetapi perjanjian tersebut menegaskan bahwa untuk kepentingan orang-orang di wilayah tersebut.

 

Beberapa orang percaya bahwa perjanjian itu mengorbankan orang-orang di wilayah untuk kepentingan kekuatan asing New York agreement adalah ilegal bagi papua Indonesia, Amerika dan Belanda harus bertanggung jawab, jelas Tebai kepada media ini, Rabu (18/08/2021).

 

Tempat yang sama,  Perwakilan mahasiswa Jhon Saverius Kadepa katakan, Perjanjian Hari New York Agrement itu tidak ada tujuan lain daripada tujuan diizinkan  hanya untuk kepentingan ekonomi  yang sumber dari alam ditanah Papua.

 

Untuk itu, kata Jhon “bagi kita  dan seluruh Rakyat  Papua yang tercinta alam, jangan pernah mengkhianati dari alam dan tanah papua sehingga terus berjuang keras atas kebenaran dan keadilan demi tanah dan manusia papua”.

 

Lanjut Jhon, Meskipun hidup di Papua dalam sistem transisi yang dilakukan oleh penguasa kapitalisme,  tapi kita sebagai jati diri orang Papua jaga harga diri dan tanah papua  dan tidak perlu pengaruh dalam sistem kapitalisme.

 

Kami juga menegaskan kepada Kapolda Papua segera pindahkan Tn Victor Yeimo dari Mako Brimob ke lapas Abepura dan  bebaskan tanpa syarat apapun, tutup john.

 

Pewarta: Hendrikus Gobai

Editor: Admin/KM

#Mahasiswa dan Pemuda

#Politik

#Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait