Mahasiswa Paniai Manokwari Luncurkan Majalah Edisi II: Pemekaran Daerah Otonomi Baru

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

3 Hari yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
usai peluncuran majalah edisi II tentang pemekaran DOB. Foto: Yeko Gobai.

 

 

Manokwari, KABARMAPEGAA.COM- Melihat wacana pemekaran Daerah Otom Baru (DOB) diseluruh tanah Papua. Mahasiswa Paniai Manokwari meluncurkan majalah edisi ke-II tentang pemekaran. Majalah ini dari blog media Anak Wilayah Paniai (AWIPA-MKW) dalam wadah organisasi Kordinator Wilayah Kabupaten Paniai (KORPAN) kota studi Manokwari. Auditorium Asrama Wissel Meren 1 Amban, 08.20 WPB.  Selasa, (12/10/2020).

 

Pimpinan redaksi media AWIPA-MKW Yeko Gobai kepada media mengatakan,   Majalah edisi ke-II bertema "Pemekaran Daerah Otom Baru (DOB)" sub tema "Konspirasi Ekonomi Politik Menghancurkan Tanah dan Masyarakat Papua.

 

Lanjut, Kehadiran majalah edisi ke-II sebagai mahasiswa menyikapi wacanan pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) yang di canangkan pemerintah pusat (Jakarta) dan elit lokal di Papua.

 

Menurutnya, "Pemekaran DOB tidak menjamin kehidupan masyararakat Papua akan tetapi memberikan dampak negatif terhadap orang Papua.

 

Dimana orang Papua aneksasi kedalam bingkai NKRI, kata Gobai manusia Papua dibunuh, diintimidasi, dipenjarah, diperkosa, dicuri dan di eksploitasi kekayaan alam diatas tanah Papua.

 

Sehingga mereka menilai Perjanjian Roma/Roma Agrement  30 September 1962 dan Perjanjian New York/New York Agreement pada 15 Agustus 1962 adalah konspirasi ekonomi politik oleh pemerintah Belanda, Amerika dan Indonesia untuk menghancurkan tatanan kehidupan masyarakat Papua.

 

Kami atas nama anggota media AWIPA-MKW mengucapkan "banyak terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dalam kelancaran penerbitan majalah edisi ke-II" jelas Yeko Gobai.

 

"Ia berharap supaya semua mahasiswa fokus membaca dan menuli karena tanpa membaca dan menulis belum bisa berkembang dalam dunia literasi. Hanya orang Papua yang bisa menulis tentang Papua"

 

"majalah ini kami jual se harga Rp 50.000 (terbilang: lima puluh ribu rupiah) berdasarkan keputusan forum mahasiswa guna untuk mencari dana peluncuran majalah edisi ketiga berikutnya.

 

Kami harab "Para pembaca budiman yang ingin beli buku boleh menghubungi kami di Asrama Paniai Amban dan Asrama Paniai Wosi di Manokwari atau boleh hubungi kami melalui Tlp: 0813-7310-9160, 0821-9801-8201, 0812-4718-7449", pungkasnya.

 

Sementara itu, Pengurus KORPAN Yulisius Pigome mengapresiasi kepada mahasiswa Paniai, krew media AWIPA-MKW yang telah meluncurkan majalah edisi ke-II.

 

"Ia berharap supaya tetap tinggkatkan dan mengembangkan semangat menulis", pinta pigome.

 

Lanjut, DPO KORPAN Yohanes Pigai berharap supaya harus membuka ruang pelatihan menulis dalam beberapa waktu kedepan supaya kami latihan menulis bersama.

 

Usai itu, pimred AWIPA retrukturisasi struktur media AWIPA-MKW baru yang terpilih antara lain ketu redaksi Reni Pigai, wakil Naftali Gobai dan bendahara Fis Kudiai.

 

"Mereka mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan. Pihaknya siap melanjutkan dan meluncurkan majalah edisi berikutnya" pinta pimpinan redaksi baru  saat sambutan.

 

Pewarta : Obai Kago

Editor: Admin/KM

#Mahasiswa dan Pemuda

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

#Mahasiswa Papua

#Belajar Menulis

Baca Juga, Artikel Terkait