Mangarahkan Maba, Ipmanapandode Joglo Bikin  Seminar dan Diskusi

Cinque Terre
Manfred Kudiai

4 Bulan yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Pemred Kabar Mapegaa (KM)
Suasana Seminar dan Diskusi. (Foto: Doc. KM)

 

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.com—Bertempat di halaman asrama mahasiswa Dogiyai, Sabtu (3/8/2019) Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Nabire, Paniai, Dogiyai, Deiyai Yogyakarta-Solo (Ipmanapandode Joglo) mengadakan  seminar dan diskusi bersama dengan topik: "Menggerakan  Mahasiswa Baru ke Arah yang Benar."

 

Ada pun pemantik materi dalam kegiatan ini, yakni: Yos Auwe, yang juga sebagai  senioritas  Ipmanapandode Joglo, dengan materi: "Cara Beradaptasi di Yogya dan Trik-trik Menghadapi Kampus  dan selanjutnya pada materi kedua, diberikan oleh Anselmus Gobai, selaku senior dan juga sebagai mantan ketua Paguyuban Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Paniai Yogyakarta (Ipmapan), dengan materi: "Berubah Karakter dan Manajen Mencapai  Visi."

 

Dalam kegitan ini, dihadiri anggota Ipmanapandode Joglo dan Mahasiswa Baru (Maba) difasilitas oleh biro pendidikan dan pengkaderan Ipmanapandode Joglo, Emanuel Mote, dkk. Dimulai pada pukul 19.00-21.00 WIB, dengan moderator, Darius Yobee dan dibantu oleh satu orang  notulis,  David Pigai.

 

Secara keseluruhan, mahasiswa baru  diajak  supaya dibentuk agar mereka berubah. Berubah mengikuti sesuai zaman. Berubah sesuai cuaca, berubah untuk diri sendiri. Penting juga mahasiswa baru untuk membentuk Karakter agar berubah pola pikir, pola belajar, pola bergaya dan pola hidup.

 

“Mahasiswa  baru harus memberikan arahkan yang baik terkait dengan  manajemen waktu, manajemen  uang, manajemen organisasi, manajemen diri pribadi,” jelas Ansel  kepada media ini.

 

Menurutnya, mahasiswa baru harus memberikan arahan  yang baik terkait dengan organisasi baik itu visi misi dan strategi dalam cara permainan organisasi. “Mahasiswa baru harus memberikan arahkan  baik terkait dengan situasi kota agar mereka mampu beradaptasi dengan bijak,” jelasnya.

 

Sementara itu, Yos Auwe juga menuturkan bahwa kepada  mahasiswa baru harus memberikan cara dan trik terbaik tentang Kampus, agar mereka mampu bersains serta pengenalan lingkungan agar diterima oleh masyatarakat setempat dengan baik.

 

“Mahasiswa baru penting untuk mendidik  mengarahkan dan membentuk  jiwa kepempimpinan agar menjadi manusia yang mampu bertanggungjawab dan dipercaya banyak orang,” paparnya.

 

Di dalam dunia organisasi, Yos juga mengajak supaya mahasiswa baru penting untuk menjalin hubungan kekerabatan antara senior dan junior agar mereka tidak kakuh untuk tawa riah bersama sama. “Mahasiswa baru penting untuk melatih bagaimana cara memiliki nilai-nilai sosial seperti bertanggungjawab, kepercayaan, rasa ingin tahu, rasa hargai mengharhai, saling mencintai diantara sesama.”

 

Pantauan media ini, kegiatan diskusi dan seminar ini didukung oleh organisasi Ipmanapandode Joglo melalui biro pendidikan, Panitia Makrab tahun 2019 serta keempat organisasi yang ada (Ipmanab, Ipmapan, Ipmado, Ipmade) Jogyakarta-Solo. Diskusi diakhir dengan tanya-jawab. Selanjutnya, oleh mantan Pengrus  Ipmanapandode, (Manfred Kudiai dan  Yanuarius Tatogo) BPH Ipmanapandode sekarang, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Yesaya Boma, memberikan kesan dan pesan kepada Maba. Kegiatan ini diakhiri dengan  doa penutup dan  foto bersama.

 

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

#Mahasiswa dan Pemuda

Baca Juga, Artikel Terkait