Markus Haluk Sudah Di Pulang Dari Polresta Jayapura

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

13 Hari yang lalu
INFORMASI

Tentang Penulis
Markus Haluk dan rombongannya dari Polresta Jayapura/KM

 

 

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.COM-- Koalisi Penegak Hukum dan HAM Papua mengatakan Setelah Markus Haluk menjalani pemeriksaan dari Polresta Jayapura sejak pukul 15:00 sore sampai 21:30 malam, akhirnya pada pukul 23:44 malam Markus Haluk disuruh kembali ke rumahnya, sabtu 30 November 2019).

 

Sebelumnya setelah pemeriksaan oleh Penyidik Polesta Jayapura. Penyidik Polda Papua sempat datangi ruang penyidik Polresta dan menyampaikan kepada Markus Haluk dan Tim Kuasa Hukum bahwa selanjutnya mereka ingin memeriksa Markus Haluk  namun kerena waktunya sudah larut malam sehingga penyidik Polda Papua berniat untuk memeriksa Markus Haluk pada besok hari (1 Desember) pada pukul 09:00 pagi.  Jelasnya.

 

Mengingat besok hari minggu, Markus Haluk mengatakan dirinya akan beribadah dulu lalu akan ke Mapolresta Jayapura.

 

Dengan demikian penyidik menyampaikan kepada Markus Haluk untuk kembali ke Mapolresta Jayapura pada minggu, (1/12/2019) pukul 12:00 siang ini.

 

Perihal pemangilan kembali untuk pemeriksaan klarifikasi oleh penyidik Polda Papua ini menimbulkan pertanyaan tersendiri khususnya terkait dasar hukum surat tugas dari petugas peyidik sebab yang pasti dalam satu kasus hanya ada satu surat tugas dengan nama-nama petugas penyidik yang akan melakukan penyelidikan dan penyidikan.

 

Lanjut, Terkait agenda klarifikasi oleh penyidik Polda Papua tentunya akan bertentangan dengan "prinsip penyelidik dan penyidik memiliki wewenang melakukan tugas diseluruh wilayah Indonesia khususnya diwilayah hukum tempatnya diangkat menurut undang-undang" sebagaimana pada Pasal  9, UU No 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana.

 

Lanjut, Artinya dengan pemeriksaan klarifikasi yang dilakukan oleh Penyidik Polresta Jayapura saja semestinya diangap cukup sebab peristiwa yang ingin diklarifikasi dalam wilayah hukum Polresta Jayapura. Diatas fakta pemeriksaan ini hanyalah pemeriksaan klarifikasi tanpa status apapun.

 

Jayapura, 30 November 2019. Hormat Kami. Koalisi Penegak Hukum dan HAM Papua.

 

Pewarta: Anselmus Gobai/KM

#Pemerintahan

#Politik

Baca Juga, Artikel Terkait