Masa Kontrakan Habis, Mahasiswa Deiyai Makassar Harap Bantuan Pemda Deiyai

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

4 Hari yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
saat keluar dari kontrakan Deiyai kota study Nakassar. 23 Maret 2021 lalu.

 

 

Deiyai, KABARMAPEGAA.com--- Masa kontrakan habis, Delapan bulan mahasiswa Deiyai ??di kota studi Makassar menumpang di kontrakan dan asrama milik Pemerintah Daerah (PEMDA) lain. Kamis, (25/11/2021).

 

Petrus Badii selaku badan pengurus, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Deiyai ??(IPMADEI) Kota Studi Makassar mengatakan, hal ini terjadi karena Pemerintah Daerah (PEMDA) Deiyai ??membayar kontrakan hanya setahun, sehingga sehabis masa para mahasiswa wajib angkat kaki dari kontrakannya untuk menginap di asrama pemerintah lain .

 

“Kami keluar meninggalkan kontrakan karena kesepakatan antara Pemerintah Daerah (PEMDA) Deiyai dan pemilik kontrakan telah habis masa kontrakannya yang jatuh tempo, 23 Maret 2021 lalu, katanya.

 

" sampai saat ini kami menumpang di kontrakan Dogiyai, Asrama Intan Jaya, Asrama Papua dan sebagian lainnya tinggal di kost-kostsan. Inventaris kami juga titip di asrama Intan Jaya,” Ungkapnya.

 

Kami merasa malu, karena sudah masuk 8 bulan tinggal di kontrakan dan asrama lain, seakan kami tidak punya honai, sehingga ia berharap pemda Deiyai segera menyalurkan dana pemondokan secepatnya, tegasnya.

 

Lanjut badi,  “Kami putra dan putri asal Deiyai adalah generasi penerus untuk membangun daerah. Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 pasal 31 ayat 1 menyatakan, setiap warga negara berhak mendapat Pendidikan dan ayat 3 menegaskan bahwa, pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang," Jelasnya.

 

Kemudian Badii pun mengharapkan dana-dana yang menjadi hak mereka harus diberikan sesuai regulasi yang ada agar pendidikan yang mereka tempuh dapat selesai dengan tepat waktu.

 

“kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Deiyai ??berlaku adil memberikan hak kami sebagai mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan, pembayaran uang kontrakan maupun dana studi akhir sesuai dengan regulasi yang ada,” Pungkasnya.

 

Pewarta: Konaiyo M/KM

#Pemerintahan

#Mahasiswa dan Pemuda

#Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait