Meningkatkan Pengembangan Diri, Penghuni ASPAN Manokwari Gelar Seminar

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

1 Bulan yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Usai kegiatan seminar sehari.Selasa, (26/11/2021) kemari.

 

 

Manokwari, KABARMAPEGA.COM -- Penghuni asrama mahasiswa Paniai di Manokwari membekali dua materi demi meningkatkan kemampuan pengembangan diri. Berlangsung di auditorium Asrama Mahasiswa Paniai 01 Amban, Manokwari Papua Barat. Selasa, (26/11/2021) kemari.

 

Kegiatan tersebut diakomodir oleh biro penalaran dan keilmuan pengurus asrama dengan bentuk kegiatan seminar sehari-hari yang dihadiri puluhan mahasiswa dan simpatisan lainnya.

 

Seminar dengan materi pertama "Sistematika Penulisan Skripsi" sebagai narasumber Bapak Petrus Mote, S.Hut.,M.Ling didampingi moderator Melian Gobai dan materi kedua "Mengenal Tugas Tanggungjawab dan Peran Mahasiswa" narasumber Yeko Gobai didampingi moderator Anton Degei.

 

Materi pertama, Petrus Mote mengatakan, sebagai mahasiswa belajar untuk memahami sistematika penulisan skripsi. Khusus untuk mahasiswa tingkat akhir.

 

"Pasalnya itu yang akan diperhadapkan dalam penulisan skripsi maupun proposal penelitian" katanya.

 

Lanjut Mote, sebelum menentukan judul harus mengetahui dan merumuskan permasalahan yang akan ambil dalam  penelitian tersebut.

 

Kemudian dalam materi kedua Yeko Gobai mengatakan, kita sebagai mahasiswa penting sekali memahami peran, fungsi dan tanggungjawab mahasiswa.

 

"Menurutnya kami diperhadapkan dalam multi masalah khususnya di tanah Papua. Tentunya peran dan fungsi mahasiswa  sebagai agen perubahan, sosial control dan harapan bangsa itu pilar dalam penanganan setiap persoalan" katanya dalam pemaparan materi.

 

Lanjut Gobai, bukan mahasiswa, siapa lagi menjadi peran penting dalam menangani semua masalah. Harapannya  kita dituntut untuk belajar softskill dan hardskill untuk memampukan kemampuan intelektual kita.

 

Selain itu, Biro Penalaran dan Keilmuan Frans Uti mengatakan kedua materi ini sebagai tongkat awal dalam melakukan didunia pendidikan di Manokwari.

 

"Kami akan tingkatkan kegiatan pengembangan diri dalam bentuk seminar dan diskusi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa" katanya dalam sambutan.

 

Sementara itu, Senior Ayuli Gobai mengatakan, kita sebagai mahasiswa harus belajar kapan saja dan dimana saja. Teristimewa mahasiswa baru harus fokus belajar.

 

"Kalian seperti ruang yang hampa sehingga harapannya perlu mengikuti kegiatan hardskill dan softskill untuk menambah wawasan yang berkualitas" katanya.

 

Pengurus Petrus Adii mengapresiasi kepada kedua pemateri yang mana membagi ilmunya, katanya.

 

Kemudian, senada juga Dewan Penasehat Asrama (DPA) Yohanes Pigai juga turut bangga kepada kedua narasumber yang telah berbagi ilmu pengetahuan.

 

"Juga kepada biro penalaran dan keilmuan yang telah mensukseskan kegiatan tersebut, harapannya harus ditingkatkan selanjutnya juga" katanya dalam sambutan.

 

Pewarta: YG/KM

 

#Mahasiswa dan Pemuda

#Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait