Mubes Suku Mee : Bangkitkan Budaya Dan Jati Diri

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
MEEPAGO

Tentang Penulis
Foto Bersama Peserta Musyawarah Besar Suku Mee Di Hotel Karisma Pasar Lama Timika Foto : M Yogi/KM.

 

TIMIKA, KABARMAPEGAA.Com-- Musyawarah Besar (Mubes) pertama bagi  suku Mee digelar di hotel Karisma, Pasar Lama, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, selama tiga hari, pada  tanggal 4-6 Desember 2019.

 

“Mubes Suku ( Mee Paniai) Kabupaten Mimika pertama ini mengangkat tema “Ena Dimi Ena Kegepa Tiyawi". Kemudian Shub Thema  adalah Melalui Mubesme I kerukunan Keluarga Besar Suku Mee Kita bersama menghadirkan ("Makiida Kiiya Maiya Epawadoo ka Iyeee Keitiyawi,” kata Yehuda Edowai, ketua panitia mubes pertama Suku  di Mimika, Selasa (5/12/2019).

 

Menurut Edowai, maksud dan tujuan dari mubes pertama suku Mee ( Paniai) adalah melengkapi struktur yang tadinya suku mee yang berdomisili di Timika.

 

Selain itu, kata dia,  menetapkan angaran dasar dan angaran rumah tanga di sebut dewan adat dan  menyusun program kerja beberapa bidang kami tetapkan dalam musyawarah.

 

“Mari kita menjaga persatuaan dan tingggalkan egoisme yang selama ini dibangun,” harapnya.



Sementara itu, Pdt Dr. Noak Nawipa mengaku, kegiatan mubes adalah kebangkitan budaya dan manusia    (Mee) dari kepunaan.

 

“Di tanah papua beberapa suku sudah mulai punah oleh sebab itu,mari kita bangkitkan budaya dan jati diri kita,” ungkapnya.

 

Pewarta : Melvin M Yogi

Editor    : MP

Baca Juga, Artikel Terkait