Orang Papua punya Harapan Iman dan Kasih dalam Perjuangan

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Admin Redaksi Kabar Mapegaa Online
Orang Papua punya Hapan Iman dan Kasih dalam Perjuangan (foto: Ilustrasi A Gobai/KM.)

 


Oleh, Demi Nawipa


1. Pendahuluan

Dalam hidup ini semua umat manusia punya harapan, termasuk pula orang asli Papua. Ada harapan bagi orang Papua maka perlu membutuhkan kekuatan kemampuan (iman) untuk mewujudkan kasih menembus perbedaan demi hidup masa depan bangsa.

Saat ini orang asli Papua sementara menjadi warga negara di Indonesia mulai sejak tahun 1969 melalui PEPERA yang penuh manipulatif. Namun, orang asli bangsa Papua punya sebuah harapan untuk penentuan nasib sendiri oleh karena orang asli bangsa Papua punya simbol-simbol negara, seperti bendera, lagu kebangsaan, nama negara, lambang negara serta dewan new Guinea yang di ditetapkan sejak 1 Desember 1961 di Holandia (Kini, Jayapura Papua.)

Tetapi, oleh karena kepentingan asing maka Papua dan orang asli bangsa Papua menjadi bagian dari Indonesia secara paksa. Buktinya selama ini orang asli bangsa Papua tidak merasa 100% nasionalisme Indonesia di Papua oleh karena Indonesia lagi menggunakan nasionalisme paksa. Pada hal orang asli bangsa Papua dan bangsa Indonesia mempunyai nasionalisme yang sangat berbeda dalam kehidupan prasejarah sejarah dan sejarah politik pendirian negara.

Jadi, orang asli Papua harus berjuang merebut hak mutlak bangsa Papua sesuai mukadimah UUD 1945 negara Indonesia "kemerdekaan adalah hak segala bangsa, sehingga segala penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, atas dasar keadilan dan perdamaian dunia."Bangsa west Papua juga berhak mendirikan negara sendiri. Orang asli bangsa Papua punya harapan maka berjuang dengan iman dan kasih yang sesungguhnya di antara orang asli bangsa Papua sendiri.

2. Papua Punya Bintang Harapan,

Orang asli bangsa Papua punya harapan masa depan untuk mendirikan negara sendiri, oleh karena orang asli bangsa Papua punya bintang harapan. Bintang harapan adalah bagian dari jati diri orang asli bangsa Papua. Bintang harapan adalah wujud kepercayaan orang asli bangsa Papua mempunyai Tuhan.  Bintang harapan adalah orang asli bangsa Papua punya kemampuan dan kelebihan. Bintang harapan adalah sebuah cahaya orang asli bangsa Papua. Bintang harapan adalah kejeniusan yang cemerlang bagi orang asli bangsa Papua. Bintang harapan adalah petunjuk jalan dan kekuatan bagi orang asli bangsa Papua. Bintang harapan adalah bintang fajar pada pagi hari bagi orang asli bangsa Papua dan bintang harapan adalah bintang kejora sebagai simbol perjuangan bangsa Papua. Maka orang asli bangsa Papua jangan ragu dan maju berjuang sampai harapannya terwujud.

2). Papua Punya Bintang Iman

Orang asli bangsa Papua punya bintang harapan, maka untuk mencapai harapan itu perlu dimiliki bintang iman. Bintang iman adalah sebuah proses perjuangan lika-liku yang harus dihadapi oleh orang asli bangsa Papua tanpa mundur dan penuh kesabaran dan persatuan. Bintang iman adalah tak seorang pun yang dapat melihatnya secara kelompok. Bintang iman bisa kelihatan dan menumbuhkan bila potensi yang dimiliki masing-masing orang asli bangsa Papua dibuktikan dalam proses perjuangan, demi merebut dan berjuang dengan sepenuh hati tanpa goyah dan tanpa mundur, tanpa saling ejek, tanpa saling curiga, dan tanpa saling menjual serta tanpa saling membunuh. Bintang iman dia bisa muncul bila orang asli bangsa Papua tahu berbahasa Inggris. Bintang iman bisa muncul bila orang asli bangsa Papua mendalami ilmu pengetahuan. Bintang iman muncul bila orang asli bangsa Papua menjadi mampu dan bisa dalam pengetahuan. Bintang iman bisa kelihatan bila orang asli bangsa Papua bersatu dan bersuara bersama. Bintang iman bisa kelihatan bila orang asli bangsa Papua merasa dijajah secara ekonomi dan politik. Bintang iman bisa muncul bila orang asli bangsa Papua mulai membaca buku, menulis dan membuka ruang diskusi serta aksi. bintang iman bisa tampil bila orang asli bangsa Papua menyatakan kita punya "satu PAPUA", dan juga bintang iman ia bisa nampak bila semua orang asli bangsa Papua menyatakan kami siap mendirikan negara sendiri tanpa ragu dan mundur.

Jadi, saat ini untuk orang asli Papua masih lemah untuk memperoleh bintang iman menuju harapan masa depan bangsa yang terbebas. Bintang iman yang dimiliki juga hanya sebagian orang asli Papua yang selalu berjuang demi pembebasan bangsa Papua dalam sepanjang hidup mereka, tanpa mundur, tanpa ragu dan tanpa mudah dipengaruhi dengan tawaran negara yang lagi dijajah.

4. Papua Punya Bintang Kasih

Orang asli bangsa Papua punya tujuan akhir adalah mewujudkan kasih pembebasan tanpa perbedaan antara bangsa Papua, yaitu mendirikan negara sendiri tanpa campur tangan dan tanpa diatur oleh negara lain. Tentu orang asli bangsa Papua akan memperoleh bintang kasih sampai selamanya dalam bangsa dan negaranya sendiri, setelah mereka (bangsa Papua) memperoleh bintang harapan melalui hasil perjuangan dengan iman persatuan dalam bingkai "one people one soul" yang tertulis dalam bahasa Inggris di lambang atau simbol negaranya "West Papua".

Jadi, tentu orang asli bangsa Papua punya bintang kasih akan diperolehnya sampai selamanya sebagai sebuah tujuan hidup di bumi Papua dan dunia mewujudkan perdamaian abadi dan keadilan sosial di atas alam raya Papua dan dunia.

 

Demikianlah tulisan ini, saya bagikan di media sosial sebagai sebuah ide dan gagasan yang muncul di pikiran saya, lalu saya menulis dengan hati mengunakan  dua ibu jari untuk mengetik melalui handphone. Silakan membaca para pembaca, semoga bermanfaat (WWW.Kabarmapegaa.com.)

Penulis adalah mahasiswa asal Papua
 

Baca Juga, Artikel Terkait