Pageosnet; Sekelimut Cerita Tentang Advokasi Lingkungan Hidup

Cinque Terre
Yosafat Mai Muyapa

15 Hari yang lalu
LINGKUNGAN

Tentang Penulis
Reporter
Dok: Logo PageosNet/KM

 

Oleh, YUGO

Pageosnet (Paniai Geoheritage Studies Network) adalah sebuah organisasi noprofit yang fokus studinya pada potensi warisan bumi dan konservasi geoekologi hayati yang sifatnya mandiri, sains dan berbudaya di wilayah meepago secara khusus dan Papua secara umum.

**

Bumi semakin panas karena terjadi pemanasan global karena adanya perubahan iklim. Bukan hanya semakin panas tetapi juga memicu berbagai bencana seperti badai dan topan, kekeringan tejadi di satu wilayah tetapi terjadi banjir yang hebat di wilayah lain. Kekacauan lingkungan alami terjadi karena rusaknya alam dan lingkungan hidup secara massif di seluruh pelosok bumi yang diakibatkan oleh kegiatan manusia yang tak terkendali.

Selain itu, semakin langkahnya sumberdaya alam, padahal kebutuhan manusia semakin meningkat menyebabkan terjadinya penguasaan dan pengambil alih kawasan tertentu dan kemudian dieksploitasi sumber daya alam seperti tambang emas atau dialih fungsikan untuk kebutuhan perusahan.

Ujung-ujungnya, alam dan lingkungan hidup menjadi terbatas, terpolusi, dan rusak. Keadaan seperti itu yang mengancam kesejahteraan bahkan kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya yang selalu hidup berdampingan dengan alam dimana manusia itu huni. Bukan saja ancaman yang secara nyata akan terjadi pada masa kini, namun lebih-lebihnya akan menjadi ancaman bagi kehidupan di masa-masa mendatang.

Pohon dan berbagai tumbuhan juga binatang tidak bisa bersuara untuk memprotes bila terjadi kerusakan dan kehancuran alam dan lingkungan yang diakibatkan oleh manusia-manusia serakah. Apalagi bersauara pada manusia yang memiliki kuasa, baik modal, senjata, apalagi kebijakan yang mampu memporak-porandakan alam dan lingkungan.

Demikian pula rakyat, di banyak tempat rakyat sering menjadi korban bukan hanya terusir dari kawasannya tetapi tercerabut seluruh sendi-sendi kehidupannya. Bahkan tidak sedikit yang kehilangan nyawa untuk mempertahankan tanah dan airnya, alam dan lingkungan tempatnya lahir dan hidup. Disinilah advokasi muncul dan memberi arti dalam menjaga alam dan lingkungan serta membela rakyat serta binatang dan tumbuhan yang terancam musnah oleh serakahnya kuasa modal dan kuasa kebijakan.

 

Organisasi Nirlaba "Pageosnet" hadir untuk menjadi sarana bagi masyarakat sipil untuk bersatu dan bertekad membela keadilan, bahkan keadilan yang seharusnya bisa juga diterima oleh tumbuhan dan binatang, keadilan yang seharusnya berlaku di semesta alam. Ketidakadilan yang terjadi akibat keserakahan kuasa modal dan kuasa kebijakan apalagi bila keduanya berkelindan menjadi satu kekuatan harus dilawan, salah satu caranya adalah dengan advokasi networking.

Melawan untuk menemukan jalan keluar bagi permasalahan lingkungan dan alam ditingkat pengambil kebijakan. Melawan untuk menegakkan keadilan dan mendorong pengambil keputusan untuk kalaupun tidak berpihak sedikitnya memperhatikan kepentingan dan kesejahteraan rakyat dan kelestarian alam baik binatang maupun tumbuhan dan lingkungan hidupnya. Bukan semata untuk yang ada pada saat ini saja, tetapi untuk kehidupan yang lestari di masa-masa mendatang.

Penulis adalah anggota relawan PageosNet di Timika Papua.

#Lingkungan dan Hutan

Baca Juga, Artikel Terkait