Pamasok Miras di Paniai Harus Ada Denda Setimpal Hukuman Penjara

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Admin Redaksi Kabar Mapegaa Online
Foto: Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Paniai. (Foto: KM/Yunus Eki Gobai)

 

PANIAI, KABARMAPEGAA.com – Tokoh Pemuda asal Paniai, Markus Gobai meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paniai agar setiap pamasok Minuman Keras (Miras) di Kabupaten Paniai harus ada setimpal berupa dengan denda hukuman penjara.

 

“Harus ada denda berupa hukuman penjara sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Karena kemungkinan penyakit masyarakat melalui Miras dapat diatasi,” kata Gobai kepada kabarmapegaa.com di Enarotali, Rabu (29/8).

 

Menurut Gobai,  Miras  tidak ada nilai dan keuntungan bagi kesehatan dan kehidupan  masyarakat  khususnya  masyarakat Mee Paniai. Faktanya menunjukan  bahwa penduduk orang Mee Paniai  menkonsumsi Miras mulai terlihat pada awal 2000, akibatnya ribuan orang Mee Paniai mati.

 

“Saya berharap, Pemda harus kembali serius menangani soal Miras di Paniai. Ini karena, soal nyawa manusia,” ujarnya.

 

Sementara,  Tokoh Masyarakat  Biatus Gobai  berharap,  Pemda  harus kembali tegas untuk menegakkan peredaran Miras di tanah Paniai melalui peraturan daerah yang sudah diupayakan Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Klemen Tinal.

 

Terpisah, Jhe Degei Aktivis mahasiswa menegaskan jangan menjual minuman keras di Paniai karena mengakibatkan bahayanya pemusnaan etnis Melanesia di Paniai

 

Pewarta         : Yunus Ekii Gobai

 

Editor            : Alexander Gobai

#Budaya

#Pemerintahan

Baca Juga, Artikel Terkait