Pantai Maf Nabire, Kota seribu Kenangan

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

11 Bulan yang lalu
ARTIKEL

Tentang Penulis
Nabire kota wisata. Pantai Maf Kekinian. Foto: Dok dari pesawat udara [2019] / OPPO A1k.11 Nov 2020.

 

 

Oleh: Thian Degei

 

ARTIKEL, NABIRE, KABARMAPEGAA.COM--Nabire salah satu kota membawa 1000 Kota kenangan yang ada di Papua. Dengan sengaja ambang sore bahkan pesonanya dapat memikat para pengunjung. Salah satu wisata pantai Nabire dapat dijadikan pilihan mencari ketenangan sejuk di bawah pepohonan ketapang. Kitorang, berkutip sembari menunggu senja pada sore hari.

 

Pantai ini letaknya di dalam kota Nabire tepatnya di kelurahan Morgo Distrik Nabire dan keberadaannya sangat strategis karena berada di jantung kota titik pusat kota seribu kenangan itu.

 

Jika kitorang mendengar kota Nabire, mungkin yang terlintas adalah kota seribu kenangan. Dan lebih terkenal keunikan dengan beberapa makan-makanan  di antaranya buah-buahan,  dibanding dengan ikon wisata senja sore lainnya yang sebenarnya juga bagus untuk dikunjungi dan langsung menikmati adalah pantai Nabire.

 

Selain berdagang, Pantai Nabire memiliki wisata baru yang menarik di tahun 2009 ini, yaitu Pantai Maf pada 2020 adalah wisata baru yang tak kalah kekinian perlu kitorang coba mengunjunginya, apalagi pada malam Minggu. Malam Minggu adalah malam buat kalangan mudah “Pace dan Mace” yang sering dikenal oleh gabungan dari beberapa miras yang sudah akrab.

 

Sepertinya minuman-minuman tokoh [Vodka, Bir Jumbo, dan lainnya] ada pun juga untuk mengenangkan bahan olahan dengan campuran air kelapa yang disebut Bobo.

 

Kini dikenal dengan Nabire titik pusat “Ambang pintu” Wilayah Meepago dan Gapago. Pantai Maf Nabire jika kita pada kalangan mudah sangat tak mengenal apa itu Pantai Nabire, artinya tak bisa sebutan seribu kenangan erat kaitannya dengan legenda asal usul kota Nabire.

 

Legenda menyatakan bahwa Galer Gobay yang diminta untuk pergi mencari ilmu dan pengembangkan pengetahuannya di wilayah kota seribuh kenangan. Sesampainya di Kota Nabire Galer Gobay menemukan banyak sekali legenda sejarah baik di daerah pesisir maupun di gunung sehingga membuat wilayah itu dinamakan Nabire kota seribuh kenangan.

 

Sebenarnya pantai ini bernama pantai Nabire saja, namun mungkin karena lokasinya berada di kota titik pusatnya jadi lebih akrab dikenal dengan sebutan Pantai Maf Nabire tersebut.

 

Dahulu pantai ini lebih dikelola oleh masyarakat, namun sekitar 2000 tahun  diambil alih oleh pemerintah  tetap memerhatikan kesejahteraan masyarakat dengan menjadikan tempat ini menjadi salah satu objek wisata Pantai Maf Nabire.

 

Kemolekan Pantai Maf Nabire Menjadi Pesona Bagi Pengunjung.

 

 

Pantai Nabire memiliki pemandangan yang indah dan sejuk beda dengan kesejukan dari pantai lainnya yang hanya megandalkan angin laut sepoi- sepoi. Pantai ini sejuk karena banyaknya pohon ketapan rindang  yang berada disekitar pantai mengeliling sepanjang pantai.

 

Sore kala, anak-anak berpose asyik bermain odong-odong permainan mobil-mobilan, adapun juga para pedagang berjual sebuah makan-makanan ringan [Kacang masak, Jagung, Es buah, Bakso rudal, pentolan, dan lain-lain], serta jual beraneka ragam Noken bermotif karya Mama-mama Papua.

 

Sebenarnya pantai ini tak kalah dengan pantai yang sudah terkenal duluan seperti pantai di Budi, Talu, bahkan sekitarnya di pulau Utara yang sering dikenal dengan wisata terjun Bibewa.

 

 Jika kitorang ingin berkunjung dapat menginap di penginapan di pantai Maf Nabire yang berada di dekat sekitar pantai, salah satunya  hotel Maju, sebelah Erport Bandara Nabire.

 

Kitorang Bisa Menikmati Sore Hari Dengan Lebih Tenang dan Nyaman.

 

Pemandangan sejauh mata memandang terdapar perairan lautan yang sangat luas dan biru, namun jika diperhatikan dari atas ada degradari warna antara sisi kanan dan sisi kiri antara biru dan kehijauan.

 

Di pantai ini kitorang bisa menikmati indahnya lautan, butiran pasir, ombak yang tenang, air laut yang bening nan biru, dan berbagai permainan wahana air dapat kita lakukan di sini seperti permainan anak, dan pedagang berjual. Cukup menyenangkan untuk dijadikan destinasi wisata ki torang di pantai Nabire.

 

Riview Pantai Maf di Nabire

 

Lokasi pantai Maaf Nabire berada di kota Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua . Jika kitorang bertempat tinggal yang cukup dekat dengan kota tersebut cobalah untuk bermain di sana. Pada sore hari.

 

Panorama laut seperti matahari terbenam juga dapat kitorang lihat disini, tak kalah dengan yang ada di pantai lainnya, pemandangan yang diberikan sangat bagus sekali. Untuk masuk ke pantai Nabire, kitorang tak dikenai tarif tiket masuk karena pemerintah belum Perda nomor 11 tahun 2010 tentang retrebusi tempat rekreasi Kabupaten Nabire.

 

Pantai Nabire, berbagai fasilitas dapat ki torang peroleh di pantai ini sehingga tak perlu jauh-jauh mencari tempat seperti nonton odong-odong, warung makan, Es buah,  dan pusat oleh- oleh terutama pada kalangan mudah.

 

Kini pantai Maf  Nabire semakin bagus di tahun [2020] dalam penataan dan peruntukannya sebagai tempat rekreasi dan santai buat keluarga, teman/ sahabat, bahkan pacar masa kalangan mudah kekinian.

 

Setiap sore bisa kitorang semua bisa jumpai. Udara di sekitar pantai ini juga sangat bersih karena posisinya yang langsung berhadapan dengan laut menambah kesempurnaan pantai ini untuk layak di kunjungi oleh siapa saja yang berada dan berkunjung ke Nabire.

 

Waktu kunjungan terbaik ke pantai ini adalah sore mulai pukul 03:00 dan malam hari dan akan mengalami puncaknya pada setiap malam minggu.

 

Demikian atikel singkat mengenai pantai Maf Nabire “Kota seribu Kenangan” yang dapat membantu kitorang menemukan pilihan tempat hiburan. Tak perlu jauh-jauh ke wisata terjung Bihewa. Semoga kunjungan kitorang  menyenangkan.

 

Penulis adalah Hendrik Thian / Wartawan PRP

#Lingkungan dan Hutan

Baca Juga, Artikel Terkait