Papua Bukan Tempat Penanganan Rujukan Covid-19

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Penanganan pasien terinfeksi virus corona di korea selatan (Kompas.Com)

Oleh, Emanuel Muyaya]*

 

OPINI/KABARMAPEGAA.com--Papua di kenal dengan pulau yang terbelakang dalam hal kemajuan infrastruktur, edukasi, dan kesehatan karena palau papua saat ini  sedang menduduki nomor terakhir dengan hal kemajuan aspek kehidupan masyarakat .

 

Oleh karena itu, tidak mesti ada kebijakan -kebijakan pemerintah untuk memusatkan Papua sebagai kota harapan bagi indonesia.

 

Sebagai pelaku dalam dunia pendidikan di ketahui  bahwa sanyangnya hal -hal akan fasilitas di sekolah -sekolah papua di banding dengan sekolah- sekolah luar papua. Karena di luar papua pemerintah utamakan atau prioritaskan fasilitas dan perlengakapan pendidikan terlebih dulu . 

 

Pemerintag pusat dan provinsi papua memiliki tujuan yang tidak mencapai akurasi rencana jika di titik beratkan papua sebagai pulau yang sudah maju dengan infrastruktur dan di bidang kesehatannya.

 

Masyarakat mendengar seruan yang tidak bersenang hati, hal itu di lansir dari Timika Express(Timex)
" kementerian kesehatan mentapkan tiga rumah sakit umum  daerah (RSUD) di provinsi papua untuk menjadi rujukan penanganan terhadap  Virus Corona (Covid -19).


Sementara itu, sekertaris dinas kesehatan provinsi papua ,Dr. Silwanus Sumule di jayapura selasa , mengemukakan ketiga rumah sakit itu adalah RSUD merauke, Jayapura dan RSUD Nabire.

 

Tiga rumah sakit ini menjadi rumah sakit rujukan yang telah di tetapkan oleh kementerian kesehatan untuk penanganan wabah virus corona . Peralatan di rumah sakit ini, kita siapkan ruang ICU, kita siapkan juga ruang isolasi kita, dukungan obat-obat juga kita siapkan "kata Silwanus kepada Timex".

 

Recana dan agenda kementerian kesehatan (kemenkes) adalah suatu ahli yang tidak kami ragukan dengan segala program-programnya namun yang sedikit di kuathirkan oleh masyarakat orang asli papua dan non asli papua yang sedang hidup di tanah papua  umumnya yaitu jangan sampai covid-19  ini menular di berbagai derajat usia manusia .

 

Selain itu, masyarakat  sendiri juga sedang melihat dan menijau lewat berbagai media sosial dan media cetak  yang mana sedang viral yang bertuju pada pandang-pandang luar negeri, virus Corana memakan ribuan orang di negera -negara maju (negara yang pintar mengenakan berbagai perlindungan diri,seperti masker dan lain-lain). sedangkan kita Oap ada yang tidak tahu dengan hal-hal itu apa lagi masyarakat yang berdomisili di pedalamaan Papua.

 

Oleh sebabnya, papau akan muda tersebar luas dengan virus corona(Covid-19) untuk itu hal yang sangat penting bagi pihak terkait adalah menindak lanjut untuk menempatkan penanganan rujukan Virus Corona di kota lain selain di kota-kota yang ada di pulau Papua !

 

Penulis adalah pelajar SMK Penerbangan Timika, juga sebagai calon wartawan KM]*

#Mahasiswa dan Pemuda

Baca Juga, Artikel Terkait