Pasukan Setan Serang TPNPB, Rumah Warga Jadi Korban

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

1 Bulan yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Foto Dukumentasi Komnas TPNPB-OPM. Ist

 

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com--Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB-OPM meloparkan gabungan aparat TNI-Polri melakukan serangan di Ilaga, Kabupaten Puncak Papua. Diduga melakukan pengeboman di perkampungan penduduk warga  pada tanggal 15 dan 16 Mei 2021.

“Pasukan TNI-Polri dengan kekuatan penuh dilengkapi dengan Pasukan Kusus yang dinamakan dengan Pasukan Setan menyerang perkampungan penduduk lokal  di Ilaga,” kata Sebby Sambon kepada media ini, Senin (17/05).

Sementara itu, Panglima KODAP Sinak, Birdjen Militer Murib mengatakan, sejak tanggal 15-16 Mei 2021, pasukan  gabungan Indonesia telah melakukan serangan udara menggunakan 3 unit  Helicopter milik TNI angkatan udara.

“Dalam serangan ini, Militer  Indonesia melepaskan Bom Roket sekitar 40 Kali. Serangan udarah dari militer gabungan TNI- Polri Kolonial Indonesia, menyerang ke markas TPNPB-OPM dan rumah-rumah bentuk honai   milik masyarakat diledak oleh bom dan juga satu Gereja  di Dolinggame diledak bom,” katanya.

Dalam insiden itu, pihak TPNPB mengaku pasukannya  belum  ada  yang kena  dan Korban nyawa.

Melihat kejadian itu,  ratusan warga  mengungsi ke kampung yang dianggap aman. Saat ini, warga setempat sebagian sudah  mengunsi  ke pusat  kota Ilaga lalu menduduki di rumah Kepala Dinas Sosial, dan sebagian mengungsi ke Timika dan Nabire.

Kapendam XVII/Cendrawasih, Eko Daryanto ketika dihubungi untuk mengkonfirmasi kondisi ini pada Senin (17/05) malam melalui sambungan seluler, nomornya tidak aktif.

Berikut adalah foto dokumentasi Komnas TPNPB diikutsertakan dalam keterangan tertulis yang diterima media ini:

 

 

Admin

#Jumpa Pers

#TPNPB-OPM

Baca Juga, Artikel Terkait