Pejuang Harus Tebarkan Jala Keselamatan Bagi Rakyat Tertindas

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

10 Hari yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Ilustrasi

 

 

Oleh Muyepimo Pigai*)

 

OPINI, KABARMAPEGAA.COM--Seorang pejuang harus tak kenal lelah, susah, dan henti di jalan perjuangan (revolusi). Itulah sebenarnya esensi dari seorang pahlawan. Mereka relah berjuang dan ikhlas mengabdi untuk sekedar menunjukkan bahwa kebaikan, kebenaran dan keadilan di dunia ini masih ada. Tidak peduli apakah ada orang yang melihat jasanya atau tidak dan mendapatkan penghargaan atau tidak. Mereka tidak memedulikan persoalan itu. Bagi mereka keselamatan dan kebahagiaan orang lain (rakyat tertindas) adalah tujuannya.

 

Mereka berharap apa yang mereka lakukan itu dilihat oleh kaum pemilik kebenaran dan keadilan di atas Negeri ini, sehingga mereka selalu berusaha (berjuang) untuk mendapatkan keadilan yang harus dirasakan oleh kaum tertindas. Bagi kaum pejuang dunia dan seisi sekarang ini hanya memberikan senyuman palsu yang melenakan. Maka, dunia yang dipijaki harus lawan agar ada cahaya cinta kebebasan yang berarti bagi tanah di jalan revolusi. Tidak peduli dengan dunia orang lain atau berada dalam bingkai republik penindasan ini yang selalu menindas manusia dan tanah ini.

 

Melihat dengan kondisi Papua terkini, lawan selalu melakukan tindakan-tindakan perlawanan dan mengupayakan bangsa yang berhak merdeka harus patut dan wajib menghormati. Kebijakan-kebijakan palsu pun selalu diterapkan di atas tanah leluhur agar rakyat termakan isu dan tindakan demikian hanya untuk meredahkan isu politik bangsa yang berhak merdeka. Upaya-upaya seperti inilah rakyat harus menyadari agar tidak harus dan selalu termakan isu bahkan melakukan tindakan yang hanya merugikan rakyat dan yang menghambat perjuangan politik pembebasan bangsa.

 

Dengan merasakan hal tersebut penulis hanya bisa memberikan pemahaman sesuai kondisi real di tanah leluhur dari perspektif pergerakan perjuangannya. Karena hal ini sangat penting untuk rakyat ketahui bahwa permainan masih terus berlanjut, maka seorang pejuang pun harus lawan sesuai konsep perlawanan yang bisa mengarahkan kepada keselamatan rakyat di atas bangsanya sendiri. Sebab, bagi pahlawan bangsa sebuah Negara harus dibangun atas dasar sejarah yang panjang, bukan hanya menaruhkan harapan dan perjuangan palsu.

 

Perjuangan tanpa batas,  perlawanan sampai menang merupakan butuh tindakan nyata dalam perlawanan sesuai konsep yang ada. Realita penindasan bagi mereka (pejuang bangsa) merupakan cinta dan rela berkorban bahkan ikhlas berjuang itulah sendi-sendi yang membangun kemerdekaan Negerinya sendiri.

 

Sebab, perjuangan butuh pengorbanan untuk menyelamatkan harkat dan martabat leluhur bangsa. Setiap bangsa punya hak untuk bebas. Kebebasan itu akan dicapai dengan hasil usaha dan kerja-kerja pergerakan sesuai konsep perlawanan melalui tahapan-tahapan perjuangan (stategi dan taktik perlawanan) agar api perlawanan menjadi jalan keselamatan bagi rakyat dan suatu kebebasan bangsa secara proses perjuangan dan sejarah bangsa.

 

Oleh sebab itu,  seorang revolusioner harus tahu bahwa keselamatan manusia dan tanah lebih penting. Jika seorang aktivis paham soal bentuk-bentuk perlawanan, maka tahapan-tahapan pergerakan akan tercapai pada keselamatan harkat dan martabat bangsanya sendiri.

 

Maka,  Perlu tebarkan jala keselamatan umat yang percaya akan suatu realistis persoalan hidup merupakan tindakan kongkrit yang harus dibangun dan diterapkan dalam perjalanan hidup dan perjuangannya agar setiap manusia yang sadar akan mengerti dan selamat dari problem yang selalu menimpah hidupnya.

 

Penulis hanya tegaskan kepada kaum pemilik revolusi atau politik pembebasan harus punya taktik yang jelas agar rakyat keluar dan selamat dari keterpurukan dan penindasan dari tanah leluhurnya sendiri.

 

Pemulis adalah Anak Papua*)

#Mahasiswa dan Pemuda

#Politik

#Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait