Pelajar dan Mahasiswa Belajar seperti Langkah Mendaki Gunung

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

26 Hari yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
(Menase Muyapa/KM)

 

 

Oleh Menase Muyapa

 

OPINI, KABARMAPEGAA.COM—pelajar dan mahasiswa belajar seperti mendaki gunung setinggi langit. Jangan belajar melangkah atau belajar melompat. Belajar secara bertahap tahap. Belajar mengikuti langkah demi langkah menuju puncak kesuksesan adalah Tujuannya.

 

Belajar yang baik dan benar akan melahirkan karakter yang baik. Karakter yang baik dapat di pakai di duniai kerja. Merasa puas akan apa yang di dapat di sekolah menjadi pengalaman dan roncatan bagi sesama demi bangsa dan Negara.

 

Saya sendiri sedikit berpengalaman dalam belajar. Saya ibaratkan belajar seperti MENDAKI GUNUNG. Kalau kita mau mendaki gunung harus mempersiapkan dari kecil hingga sampai besar kebutuhan dan kelengkapan dalam perjalanan. Ini adalah 6 langkah pelajar dan mahasiswa membaca dan mempraktekannya:

 

1. Menentukan Tujuan,

 

Hal paling utama dari hidup seseorang adalah menentukan akan dibawa kemana dan akan dibuat seperti apa kehidupan seseorang tersebut. Hal ini menggambarkan sebelum pendaki mencapai cita cita menaklukan gunung tentu sang pendaki tersebut harus menentukan salah satu dari banyak gunung yang ada serta harus menggali informasi tentang gunung tersebut dengan gunung yang memang cocok dengan karakteristik diri kita. Jika hal pertama ini kita salah dalam menentukanya bisa jadi disaat perjalanan kita akan tersesat.

 

Pelajaran pertama adalah dalam suatu perjalanan hidup seseorang harus memilih dari sekian banyak pilihan hidup yang ada dan kita memang dituntut memilih apa yang memang sesuai dengan diri kita.

 

2.Persiapan,

 

Tentu didalam setiap suatu perencanaan harus ada suatu persiapan yang sangat matan karena faktor ini akan mempengaruhi berhasil tidaknya suatu tujuan.

 

Sama halnya dalam mendaki gunung, seorang pendaki akan dituntut persiapan yang baik dari fisik sampai dengan peralatan yang akan dibawa jikalau seorang pendaki tidak mempersiapkan dengan matan bisa jadi didalam perjalanannya akan tidak sesuai apa yang diharapkan.

 

Dari penjelasan diatas dalam suatu tujuan hidup kita harus benar benar mempersiapkan sedari dini bisa jadi kalau kita tidak mempersiapkan untuk menempuh tujuan tersebut kita akan melenceng jauh dari apa yang sudah kita persiapkan dari awal.

 

3. Mulai Mendaki,

 

Jika semua selesai dari perencanaan sampai yang terakhir persiapan tentu kita dihadapkan dengan suatu keputusan apakah masih ingin melanjutkan untuk menggapai anggan anggan tersebut atau berhenti sampai disini.

 

Jika kita lihat dari gambaran pendakian gunung tentu seorang pendaki akan melihat kembali kemampuan diri dan persiapan yang sudah dimilikinya apakah sudah layak dan siap untuk menaklukkan gunung tersebut atau apakah akan berhenti dan memilih mundur melihat banyak pendaki yang turun dari gunung tersebut yang terlihat lesu. Disini suatu kebijakan dari seorang pendaki akan diuji apakah dia akan lanjut atau berhenti.

 

Dari gambaran diatas didalam hidup manusia pasti akan menemui fase dimana seseorang harus memilih, jika seseorang melihat banyak contoh orang yang gagal dalam suatu pencapaian tujuan maka otomatis akan memberikan sugesti negatif kepada orang tersebut akan tetapi jikalau seseorang tersebut sudah merencanakan dengan mantap disertai persiapan yang matang maka dia akan melanjutkan perjalanan mencapai tujuan hidup tersebut.

 

4. Perjalanan,

 

Jika memang kita mantap melanjutkan mencapai sesuatu yang kita rencanakan maka kita akan melanjutkan dengan sekuat tenaga perjalanan dalam pencapaian cita cita . Didalam hidup manusia pasti tidak akan mulus mulus saja pati akan ada suatu rintangan dan hambatan yang selalu menguji seberapa kuat diri kita.

 

Sama halnya dengan mendaki gunung didalam perjalanannya seorang pendaki tidak akan menemui perjalanan yang landai saja akan tetapi akan dihadapkan dengan menaiki tanjakan menuruni lembah hingga harus bisa menjaga keseimbangan melewati berbagai lereng yang curam serta kita akan dihadapkan dengan kabut serta cuaca yang ekstrem,Maka dari itu filosofi hidup yang bisa kita dapatkan adalah didalam setiap perjalanan untuk mendapatkan suatu tujuan kita tidak akan hanya dihadapkan dengan jalan yang mudah saja tapi kita harus bisa menghadapi halangan dan rintangan serta godaan dari orang lain.

 

Dari penjabaran tentang proses mendaki tersebut bila kita gambarkan bahwa dalam proses mendaki itu adalah perjuangan, lembahnya adalah landasan iman kita, kabut dan cuaca ekstrem serta jurang adalah ujian kita.

 

5. Perjalanan Menuju Puncak,

 

Sama halnya setelah hampir kita merasa putus asa pasti entah darimana kita termotivasi untuk melanjutkan perjalanan yang telah kita tempuh tersebut agar tidak sia sia.

 

Di dalam pendakian gunung hal ini merupakan hal penentu dimana seseorang dikatakan sukses dalam pendakian dilihat dari pencapaian akhirnya. Di perjalanan terakhir ini seorang pendaki tak akan membawa carrier lagi melainkan hanya akan membawa daypack saja untuk perbekalan. Semua perbekalan yang dirasa kurang tepat dan akan mengganggu akan ditinggal di pos terakhir dan semua ini membuat seorang pendaki terfokus dalam satu tujuan dengan perbekalan yang tepat.

 

Didalam kehidupan nyata hal ini adalah proses terakhir seseorang mewujudkan cita citanya dan disini orang yang dulunya mencari berbagai pengalaman hidup akan memilah pengalaman dan ilmu apa yang cocok dalam perjalanannya tersebut.

 

6. Puncak,

 

Yang namanya puncak adalah pencapaian atau prestasi tertinggi yang diraih seseorang di posisi ini biasanya akan lebih menghormati jerih payahnya dalam perjalanan menuju titik ini dan disini orang akan melihat jerih payahnya dan bisa mengambil manisnya kehidupan.

Didalam pendakian memang puncak bukanlah tujuan sebenarnya akan tetapi disini tolak ukur perjuangan seorang pendaki.

 

Semoga harapan dari penulis dengan ilustrasi singkat tulisan cara belajar mendaki gunung membuat diri kita paham dan mengerti arti dan tujuan hidup kita yang jelas berdasarkan cita cita hidup masing masing.

 

Penulis adalah Penasehat IPPMMAPI Se Jayapura

 

#Mahasiswa dan Pemuda

Baca Juga, Artikel Terkait