Pelatihan Paralegal  Papua: Ibu Rumah Tangga Mengaku Mendapatkan Banyak Ilmu

Cinque Terre
Manfred Kudiai

3 Bulan yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
Pemred Kabar Mapegaa (KM)
Maike Wally peserta  Paralegal  dari Kampung Sere, Sentani saat diwawancara Engage Media.

 

 YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.com—Ibu Rumah Tangga, Maike Wally peserta  Paralegal  dari Kampung Sere, Sentani mengatakan dirinya bangga mengikuti kegiatan Paralegal.

 

"Saya senang mengikuti sekolah ini, karena saya sebagai ibu rumah tangga, banyak hukum-hukum yang kami tidak tahu. Sebagai Ibu rumah tangga kadang, banyak masalah dalam keluarga, dalam lingkungan yang saya tinggal, sehingga saya bergabung dengan tim Paralegal," jelasnya.

 

Hal tersebut dikatakan Maike Wally dalam wawancara singkat yang ditayang  Engage Media di akun Youtube  Sekretariat Nasional Papuan Voices. Dirinya mengaku telah mendapatkan banyak ilmu dan kegiatan mereka berjalan dengan baik.

 

Pelatihan Paralegal  ini dilaksanakan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua) Jumat, (28/6/2019) dengan tujuan agar komunitas masyarakat dapat mengadvokasi persoalannya sendiri.

 

Direktur LBH Papua, Emanuel Gobai mengatakan pendidikan Paralegal tingkat dasar dan tingkat lanjut ini bagian dari implementasi UU No 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum yang memberikan kewenangan kepada Organisasi Bantuan Hukum untuk mendidik paralegalnya.

 

“Terlepas dari itu kegiatan ini merupakan kerja-kerja dalam agenda gerakan akses menuju keadilan yang merupakan tanggungjawab mentri Hukum dan HAM beserta kantor Wilayah Kemenkumham di Papua,” jelasnya saat dihubingi kabarmapegaa.com via telpon Sellurel.

 

Pada prinsipnya, kata Emanuel,  kegiatan  ini merupakan praktek nyata dari kerja advokasi non litigasi yang biasanya dilakukan LBH YLBHI untuk membangun kesadaran hukum masyarakat, memberantas buta hukum dan menyiapkan tenaga paralegal yang siap mendampingi warga disekitar wilayah kerja atau dalam komunitas  paralegal secara sukarela.

 

Untuk lebih jelas, dapat  dilihat di cuplikan wawancara yang dilaksanakan Papuan Voice, di link dibawa ini: Paralegal LBH Papua

 

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

Baca Juga, Artikel Terkait