Pembangunan Polres Baru Intan Jaya, DPRP Papua  Mediasi  Komisi SOMATUA Kunjungi Kapolda Papua

Cinque Terre
Manfred Kudiai

1 Bulan yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Pemred Kabar Mapegaa (KM)
Sesaat usai pertemuan bersama Kapolda Papua, Legilatif dan mahasiswa komunitas SOMATUA, Selasa (13/11/2018) di Jalan Sam Ratulangi No.8, Bayangkara, Jayapura Utara, Kota Jayapura.

 

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com--Anggota DPR Propinsi Papua, Laurenzus Kadepa menyatakan, pihaknya  didatangi mahasiswa Papua yang tergabung dalam Komunitas Mahasiwa Independen SOMATUA (Komisi SOMATUA)  Kabupaten Intan Jaya  Jaya untuk menyampaikan aprirasi  terkait  rencana pembangunan Polres Baru di Intan Jaya di kantor DPRP Papua.

“Saya mendampingi mahasiswa yang tergabung dalam komisi SOMATUA Intan Jaya se-Jayapura bertemu Kapolda dan Wakaolda Papua untuk menyampaikan aspirasi terkait rencana pembangunan Polres Baru di Kab.Intan Jaya, Papua,” jelasnya Kadepa saat dihubungi kabarmapegaa.com, via telpon selluler, Selasa (13/11/2018).

Laurenzius menjelaskan sifatnya mediasi  Komisi SOMATUA untuk bertemu langsung dengan pihak  Polda Papua. “ Ini sebagai pertemuan awal dengan pihak Kapolda, dan Kaolda Papua  sudah mereima aspirasi mereka dengan rama.”

“Setiap hari orang datang sampaikan aspirasi di DPR membawa berbagai macam persoalan tapi tidak pernah ada solusi ini telah melukai hati rakyat di tanah ini. Karena aspirasi mahasiswa ini terkait polisi saya langsung antar ke pak Kapolda,” tuturnya.

Aspirasi dari Komunitas  SAMATUA terkait pembangunan Polres Baru di Intan Jaya, kata Kadepa  lebih tepat disampaikan langsung kepada pihak kepolisian Papua sehingga saya mediasi mereka agar sampaikan langsung aspirasinya.

“Saya tidak mau semua aspirasi tampung di DPR terus tidak ada penyelesaian. Seperti yang selama ini terjadi. Pak Kapolda dengan senang hati menerima para mahasiswa, komunitas SAMATUA  Intan Jaya,” ujarnya.

Terkait rencana pembangunan Polres baru di Intan Jaya Lagislator Papua ini juga meminta supaya pihak Kapolda untuk mempertimbangkan terlebih dahulu.

“Saya minta pak Kapolda dipertimbangkan kembali kalau boleh di tunda. Kita fokus mendorong bagaiman proses perdamaian dulu agar pembangunan berjalan baik,” katanya menjelaskan.

DPRP Papua mediasi bertemu Kapolda Papua dibenarkan oleh Ketua II Komunitas  Deselinus Sani. “Tadi bapak Kapolda Papua sudah terima kami dengan ramah sebagai anak dan bapak. Kami telah rama-tama  bersama Bapak Kaolda selama kurang lebih dua jam didampingi  bapak Laurenzius Kadepa sendiri,” jelasnya kepada kabarmapegaa saat menghubungi via whatshap,  Selasa (13/11/2018).

Katanya, pandangan  Polda begitu sedih dengan alam dan masyarakat Intan Jaya. “ saya belum injakkan kaki ke Intan Jaya tetapi Bupati telah pindakan kantor-kantor  diluar kabuapaten,  mengapa bupati kasih tinggal begitu saja...kasihan masyarakat Intan Jaya,” jelas Sani mengulangi kata-kata Kapolda Papua, Polri Irjen Pol Martuani Sormin

 Sani mengatakan, terkait aspirasinya belum diterima hari ini, hal ini dikarenakan Bapak Kapolda ada agenda penting diluar sehingga menyangkut aspirasi akan kami sampaikan besok.

“Terkait aspirasi kami bapak Kaplda sedang sibuk sehingga kami akan bertemu dan menyampaikannya besok. Secarara garis besar bapak laurezus telah sampaikan ke Polda Papua,” katanya.

Katanya Sani, sekali lagi saya mau mengatakan kalau pertemuan dengan Bapak Kalpoda Papua berjalan baaik. “Kapolda Papua terima kami dengan senang hati. untuk aspirasi  diundurkn besok karena ada keperluan diluar. Dan tadi bapak kakatan ke kami, Intan Jaya Jaya belum pernah injak tetepi, saya prihatin dengan kondisi saat ini di Intan Jaya.”

“Besok kami akan pergi menyampaikn aspirasi kami, dan pertemuan kali ini diapresiasi oleh Bapak Kapolda Papua,” katanya.

Menurutnya, kami bukan tolak pembangunan Polres baru di Intan jaya tetapi penuhi dulu syarat-syaratnya. “Untuk itu, pemerintah harus kembli ketempat dan mambangun kesejahteraan masyarakt, setelah itu boleh-boleh saja, sebab masyarakat saat ini sedang dalam trauma, sehingga kami minta pemerintah daerah harus kembali membangun daerah,” tegasnya mengakhiri.

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

#Mahasiswa dan Pemuda

#Rencana Pembangunan Polres di Intan Jaya

Baca Juga, Artikel Terkait